Efektivitas penggunaan media KOTIK (Koper Stik) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi perakalian kelas II MI Islamiyah Brebes

Amalia, Ayu Virgi (2020) Efektivitas penggunaan media KOTIK (Koper Stik) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi perakalian kelas II MI Islamiyah Brebes. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1503096099_Ayu Virgi Amalia_Lengkap] Text (SKRIPSI_1503096099_Ayu Virgi Amalia_Lengkap)
1503096099_AYU VIRGI AMALIA_Full Skripsi - Ayu Virgi Amalia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

kripsi ini membahas tentang penggunaan media KOTIK (Koper Stik) materi perkalian terhadap kemampuan konsep matematis peserta didik kelas II MI Islamiyah Brebes Tahun Ajaran 2019/2020. Penenlitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kreativitas pembelajaran serta aktifitas belajar yang tidak mengajak siswa aktif membangun pengetahuannya sendiri. Untuk itu adanya kreativitas dan aktifitas belajar yang dapat mengajak siswa aktif dalam pembelajaran, sehingga pemahaman konsep matematika siswa lebih baik. Salah satu penunjang agar pembelajaran tersebut tercapai maka guru harus dapat membuat suatu media pembelajaran, salah satunya adalah media KOTIK (Koper Sik). Penggunaan media KOTIK (Koper Sik) pada materi perkalian akan membantu peserta didik memahami konsep matematis dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya efektivitas penggunaan media KOTIK (Koper Sik) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi perkalian siswa kelas II MI Islamiyah Brebes Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif lapangan berupa eksperimen pada kelas II MI Islamiyah Brebes. Data yang diperoleh dengan metode wawancara, dokumentasi, observasi dan metode tes. Sebelum diberi perlakuan terlebih dulu dilakukan uji analisis tahap awal berupa uji normalitas dengan menggunakan nilai pre-test. Setelah diberi perlakuan, data yang dianalisis adalah nilai posttest deng an uji perbedaan satu pihak dan uji n-gain. Kajian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa kelas II setelah menggunakan media KOTIK (Koper Sik) materi perklian lebih baik daripada sebelum siswa menggunakan media KOTIK (Koper Sik). Hal ini berdasarkan pada perhitungan penelitian diperoleh thitung = 16,03498 sedangkan ttabel = 1,699 sehingga thitung > ttabel. Hasil uji t tersebut menunjukan Ha diterima dan Ho ditolak, artinya pemahaman konsep matematis pada materi perkalian siswa yang diberi perlakuan menggunakan media KOTIK (Koper Stik) lebih tinggi dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Peneliti menguji tingkat efektifitas menggunakan uji n-gain. Hasil perhitungan n-gain terdapat peningkatan antara nilai rata-rata pre-test sebelum diberikan perlakuan sebesar 55,14 dan nilai siswa post-test setelah diberi perlakuan sebesar 83,22 diperoleh n-gain 1,129885057 yaitu dalam kategori sedang. Maka dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media KOTIK (Koper Stik) terhadap pemahaman konsep matematis materi perkalian siswa kelas II MI Islamiyah Brebes tahun ajaran 2019/ 2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: KOTIK (Koper Stik); Konsep matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Dec 2021 00:21
Last Modified: 09 Dec 2021 00:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14341

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics