Pengaruh model pembelajaran discovery learning berorientasi HOTS terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas V MI Taufiqiyah Semarang 2019/ 2020

Qona’ah, Dyna Safira (2020) Pengaruh model pembelajaran discovery learning berorientasi HOTS terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas V MI Taufiqiyah Semarang 2019/ 2020. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1503096092_Dyna Safira Q_Lengkap] Text (SKRIPSI_1503096092_Dyna Safira Q_Lengkap)
1503096092_Dyna Safira Q_Lengkap Tugas Akhir - Dyna Safira.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran discovery learning berorientasi HOTS terhadap kemampuan literasi matematika pada pembelajaran matematika materi pecahan siswa kelas V MI Taufiqiyah Semarang tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di MI Taufiqiyah Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V A,B dan C. Sedangkan sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VC sebagai kelompok eksperimen dan VB sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode tes dan dokumentasi.
Dapat dilihat dari perhitungan uji perbedaan dua rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung = 3,185 dan ttabel = 1,670. Karena thitung > ttabel dengan dk=62 dan tingkat signifikasi 5%, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan literasi matematika siswa dengan model discovery learning lebih tinggi dari rata-rata kemampuan literasi matematika dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang ada, diperoleh rata-rata dengan model pembelajaran discovery learning (kelas eksperimen) sebesar 62,93 dan rata-rata kemampuan literasi siswa menggunakan model konvensional (kelas kontrol) sebesar 52,88.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan literasi matematika; Discovery learning; HOTS; Pembelajaran matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Dec 2021 00:33
Last Modified: 09 Dec 2021 00:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14343

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics