Pengaruh model pembelajaran kooperatif Bamboo Dancing terhadap keterampilan pemahaman materi sumber daya alam mapel IPS Siswa Kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah

Alqomariyah, Nova (2020) Pengaruh model pembelajaran kooperatif Bamboo Dancing terhadap keterampilan pemahaman materi sumber daya alam mapel IPS Siswa Kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1503096066_Nova Alqomariyah_Lengkap] Text (SKRIPSI_1503096066_Nova Alqomariyah_Lengkap)
1503096066_NOVA ALQOMARIYAH_FULL SKRIPSI - Intan Nikmah_NR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh guru (pendidik) kurang mengemas pembelajaran dengan model yang menarik dan menyenangkan, peserta didik bosan dengan pembelajaran yang sedang berlangsung, rendahnya penguasaan peserta didik terhadap materi pembelajaran sehingga menjadikan peserta didik bermain sendiri dan bercerita dengan teman-temannya. Penelitian ini memiliki rumusan masalah apakah penggunaan model bamboo dancing materi sumber daya alam dapat berpengaruh terhadap keterampilan pemahaman IPS di kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran kooperatif Bamboo Dancing terhadap keterampilan pemahaman pada materi sumber daya alam mapel IPS siswa di kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Pada penelitian eksperimen peneliti dapat membandingkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 orang dan kelas IVB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa tes.
Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t test. Berdasarkan hasil post-test yang telah dilakukan, nilai rata-rata kelas kontrol adalah 70,20 dengan standar deviasi (s) 10,05. Sementara nilai rata-rata nilai eksperimen adalah 77,41 dengan standar deviasi (s) 10,23. Dari analisis data akhir diperoleh t_hitung = 2,561 dan t_tabel= t_((0,05)(50)) = 2,009. Karena t_hitung>t_tabel hipotesis yang diajukan diterima. Artinya ada perbedaan signifikan keterampilan pemahaman peserta didik yang menggunakan model Bamboo Dancing dengan peserta didik yang menggunakan metode konvensional.
Berdasarkan pernyataan di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif Bamboo Dancing berpengaruh terhadap keterampilan pemahaman peserta didik kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah pada mata pelajaran IPS.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi, motivasi dan sebagai bahan masukan bagi para pendidik (guru).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif Bamboo Dancing; Keterampilan pemahaman
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Dec 2021 01:23
Last Modified: 09 Dec 2021 01:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14350

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics