Praktik pembacaan surat Al Fatihah ayat 5 setelah salat sunah mutlak di pondok pesantren putri Al Hikmah Tugurejo, Tugu, semarang : studi living Quran

Sari, Nur Mustafidah (2021) Praktik pembacaan surat Al Fatihah ayat 5 setelah salat sunah mutlak di pondok pesantren putri Al Hikmah Tugurejo, Tugu, semarang : studi living Quran. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1704026128_NUR_MUSTAFIDAH_SARI] Text (SKRIPSI_1704026128_NUR_MUSTAFIDAH_SARI)
1704026128-nur mustafidah sari-skripsi lengkap - 78- Nur Mustafidah Sari.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Surat Alfatihah merupakan salah satu surat yang diyakini menyimpan banyak keberkahan didalamnya. Salah satu pondok pesantren yang mengamalkan praktik pembacaan alfatihah adalah PP Al Hikmah Tugurejo, Tugu, Semarang yang dilaksanakan secara bersama-sama setelah salat sunah mutlak pada hari Jum’at di sepertiga malam. Peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana praktik pembacaan tersebut dilaksanakan dan apa makna dari praktik pembacaan alfatihah tersebut.
Tulisan ini mengkaji mengenai praktik pembacaan surat alfatihah ayat 5 setelah salat sunah mutlak di PP Al Hikmah Tugurejo, Tugu, Semarang. Penelitian skripsi ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan teori sosiologi Karl Meinhim yang menganalisis sebuah problem dengan meninjau sisi makna Obyektif, Ekspresif, dan Dokumenter. Skripsi ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, penulis menggunakan cara dengan mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Teori sosiologi dari Karl Meinhim dijadikan penulis sebagai sudut pandang yang dipakai dalam penulisan skripsi ini.
Praktik pembacaan alfatihah ayat 5 setelah salat sunah mutlak di PP Al Hikmah merupakan ijazah yang diberikan pengasuh Bapak KH.Amnan Muqaddam, beliau mendapat ijazah dari gurunya sewaktu mondok di Curug, Tegowanu, Grobogan yakni Sang Murabbi KH.Abdul Jalil. Dalam praktik pembacaannya di dahului dengan bacaan istighfar, salawat nariyah, kemudian baru membaca alfatihah dan ketika sampai pada ayat 5 maka akan diulang sebanyak sebelas kali, setelah itu ditutup dengan doa.
Makna yang melekat dari praktik pembacaan alfatihah ayat 5 di PP Al Hikmah dengan berdasarkan teori sosiologi Karl Meinhim terbagi menjadi tiga makna. Pertama makna obyektif yang terdapat dalam praktik pembacaan alfatihah ayat 5 di PP Al Hikmah merupakan bentuk ketaatan dan keta’dziman terhadap pengasuh PP Al Hikmah dan juga peraturan yang telah ditetapkan oleh pondok pesantren tersebut. Makna ekspresif, yakni praktik pembacaan tersebut dapat mendatangkan barokah, sebagai pelembut hati, ketenangan jiwa, wasilah untuk mempermudah hajat masing-masing para santri. dan yang terakhir Makna Dokumenter bertujuan untuk mendokumentasikan praktik pembacaan alfatihah agar tidak punah orang-orang yang mengamalkannya karena manfaat dalam surat alfatihah tersebut yang sangat luar biasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Praktik pembacaan Surat al Fatihah; Salat sunah Mutlak; Pondok pesantren; Quran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1221 Origin and Authenticity
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 13 Dec 2021 11:47
Last Modified: 13 Dec 2021 11:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14352

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics