Praktek free lunch setelah shalat jum’at di masjid Jami' Istiqomah Krapyak Semarang: kajian living hadits

Hermawan, Bayu (2021) Praktek free lunch setelah shalat jum’at di masjid Jami' Istiqomah Krapyak Semarang: kajian living hadits. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504026044_BAYU_HERMAWAN] Text (SKRIPSI_1504026044_BAYU_HERMAWAN)
1504026044-Bayu Hermawan-Full Skripsi - Bayu Hermawan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Hadits merupakan suatu bagian ilmu yang penting bagi masyarakat karena didalamnya mengungkap tradisi pada masa Nabi Muhammad Saw seperti bersedekah untuk meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT salah satunya dengan hadits kisah umat terdahulu bahwasannya mereka sangat bergembira dengan datangnya hari jum’at. Telah menceritakan kepada kami Sa'id bin Abu Maryam berkata, telah menceritakan kepada kami Abu Ghassan berkata, telah menceritakan kepadaku Abu Hazim dari Sahl bin Sa'd berkata, "Di tempat kami ada seorang wanita yang menanam ubi di sela-sela selokan kebunnya. Jika hari Jum'at tiba, dia mencabut pohon ubinya lalu direbusnya dalam periuk yang dicampur dengan segenggam gandum. Rebusan ubi dijadikan sebagai makanan pengganti sepotong daging. Setelah kami selesai melaksanakan shalat Jum'at, kami datang ke rumah wanita itu. Kami masuk mengucapkan salam lalu dia menyuguhkan makanan ubinya itu kepada kami, maka kami pun memakannya. Kami selalu mengharapkan kehadiran hari Jum'at karena ada makanan yang disuguhkannya itu."
Fokus penelitian terkait dengan apa yang mendasari pelaksanaan praktik free lunch atau sedekah dalam bentuk makanan dan bagaimana pelaksanaan Praktik Free Lunch Setelah Sholat Jum’at di Masjid Jami’ Istiqomah Krapyak Semarang. Pada penelitian ini penulis memakai metode living hadits menggunakan pendekatan fenomenologi. Adanya sebuah teknis pengumpulan data yang telah digunakan penulis yakni dilakukan lewat wawancara, observasi partisipan serta dokumentasi. Tentang analisis data pada penelitian ini tentunya penulis memakai bentuk analisis data deskriptif kualitatif data. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yakni guna mengetahui bagaimana Praktik Free Lunch Setelah Shalat Jum’at di Masjid Jami’ Istiqomah Krapyak Semarang dan makna Praktik Free Lunch Setelah Shalat Jum’at di Masjid Jami’ Istiqomah Krapyak Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian dilapangan, peneliti memiliki kesimpulan secara garis besar bahwa praktik free lunch yang dilaksanakan di Masjid Jami’ Istiqomah Krapyak Semarang merupakan hasil perkembangan dari kajian kegiatan sosial sebelumnya dan pastinya sebagai bentuk rasa kepedulian serta memakmurkan masjid kepada jama’ahnya dan tidak lupa lingkungan masyarakat sekitar, dengan adanya free lunch setelah shalat jum’at memudahkan musafir menyingkat waktu istirahat.
Sedangkan makna praktik free lunch merupakan suatu meningkatkan rasa syukur karena telah diberi kelebihan untuk dibagikan atau disedekahkan kepada orang yang membutuhkan, berijtihad dijalan Allah SWT, berlomba-lomba dalam kebaikan dan memberi banyak manfaat kepada jama’ah masjid serta tidak lupa kepada donatur karena antusias mereka masjid menjadi makmur. Kemudian untuk donatur sendiri memaknai sedekah dalam bentuk free lunch sebagai bentuk kepedulian kepada organisasi karena mereka lebih tepat memilih objek, praktek free lunch ini sebagai bentuk yang utama pastinya mendapat pahala barang siapapun berbuat baik kelak akan ada balasan dari Allah SWT. Perbuatan yang sangat terpuji dengan membantu kegiatan orang lain atau organisasi yang menjadi sumber ilmu pengetahuan, bersyukur karena diberi kelebihan dan kelebihan itu ada sebagian hak bagi mereka yang sedang membutuhkan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Free lunch; Shalat jum'at; Hadist
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.125 Hadits > 297.1251 Study of Text of Hadith
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 14 Dec 2021 04:14
Last Modified: 14 Dec 2021 04:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14353

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics