Pengaruh metode BCM terhadap peningkatan keterampilan psikomotorik siswa pada mata pelajaran fikih materi shalat fardu Kelas II di MI Al-Hikmah Polaman Mijen Semarang

Astuti, Rian Linda (2020) Pengaruh metode BCM terhadap peningkatan keterampilan psikomotorik siswa pada mata pelajaran fikih materi shalat fardu Kelas II di MI Al-Hikmah Polaman Mijen Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1503096052_Rian Linda Astuti_Lengkap] Text (Skripsi_1503096052_Rian Linda Astuti_Lengkap)
1503096052_RIAN LINDA ASTUTI_Full Skripsi - Miratul Hasanah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode BMC (Bermain, Cerita Menyanyi) terhadap peningkatan keterampilan psikomotorik siswa pada mata pelajaran fikih materi shalat fardu kelas II di MI Al-Hikmah Polaman Mijen Semarang.
Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IIA dan IIB dengan jumlah keseluruhan 36 siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IIA yang berjumlah 18 siswa dan kelas IIB Yang berjumlah 18 siswa. Seluruh populasi ini dijadikan sampel penelitian, adapun kelas yang digunakan sebagai sempel adalah kelas IIA sebagai kelas eksperimen dan kelas IIB sebagai kelas kontrol.
Data hasil penelitian yang terkumpul, dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Rata-rata nilai yang diperoleh pada kelas eksperimen setelah dilakukannya pembelajaran menggunakan metode BCM X ̅_1=79.1111 dan pada kelas kontrol yang tidak menggunakan metode BCM= 71.6667 berdasarkan uji perbedaan rata-rata diperoleh t_hitung=2.08425 dan t_tabel=2,032 uji t akhir menunjukkan bahwa pada penelitian ini t_hitung>t_tabel, maka penggunaan metode BCM berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan psikomotorik siswa pada mata pelajaran fikih materi shalat fardu kelas II di MI Al-Hikmah Polaman Mijen Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode BCM; Keterampilan psikomotorik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Dec 2021 03:27
Last Modified: 09 Dec 2021 03:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14355

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics