Pandangan Sayyid Qutbh tentang ayat-ayat etos kerja: kajian tematik Tafsir Fi Zhilalil Qur’an

Anwar, Achmad Syaiful Pandangan Sayyid Qutbh tentang ayat-ayat etos kerja: kajian tematik Tafsir Fi Zhilalil Qur’an. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1404026015_Achmad Syaiful Anwar_Lengkap] Text (Skripsi_1404026015_Achmad Syaiful Anwar_Lengkap)
1404026015_Achmad Syaiful Anwar_Full Skripsi - Syaiful Anwar.pdf

Download (839kB)

Abstract

Penelitian ini guna menelaah makna etos kerja menurut pandangan Sayyid Qutbh, dan implementasi penafsiran Sayyid Qutbh tentang ayat-ayat etos kerja masa sekarang.
Manusia merupakan makhluk pekerja. Dengan kerja manusia menyatakan eksistensinya dalam kehidupan bermasyarakat, serta sebuat cara guna memperoleh kebahadian, baik secara lahir mapun batin, serta dunia dan akhirat. Doktrin Islam mendorong umat manusia untuk sungguh-sungguh dalam bekerja sehingga mampu menguasai suatu pekerjaan yang ditekuninya, dan dengan kerja manusia telah menjunjung martabat kemanusiannya. Sebab, setiap muslim akan kehilangan suatu martabatnya bila tidak bekerja.
Muslim yang bekerja berarti ia telah mengaktualisasikan bahwa dirinya adalah seorang hamba Allah yang dapat mengelola kehidupan dunia dan mampu menempatkan dirinya dalam tatanan masyarakat yang baik. Ringkasnya, bahwa dengan bekerja manusia dapat memanusiakan dirnya dihadapan sang Khalik maupun sesama makhluk. Dengan didasarlan pada kesungguhan dalam menggerakkan seluruh aset pikir dan dzikirnya.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research), merupakan suatu penelitian yang menggunakan data dari buku atau literatur yang sesuai dengan tema pembahasan, yaitu Etos Kerja dalam Al Qur'an. Dan dalam pendekatan, peneliti menggunakan pendekatan maudhu'i. kemudian dalam pengolahan data penulis menggunakan interpretasi dan analisis data bersifat kualitatif, yaitu menarik kesimpulan menggunakan cara deduktif. Sehingga mampu menjabarkan fambaran umum mengenai pandangan Sayyid Qutbh dalam tafsir Fi Zhilal Al-Qur'an tentang Etos Kerja.
Hasil penelitian memperoleh pelbagai kesimpulan bahwa, Etos Kerja dalam pandangan Sayyid Qutbh, merupakan gerak nyata untuk menyeimbangkan kehidupan dunia dan akhirat, dengan bekerja manusia dapat terhindar dari faham fatalisme. Sedangkan implementasi pandangan Sayyid Qutbh tentang ayat-ayat etos kerja, diantaranya bekerja untuk terciptanya kemakmuran,meningkatkan produktifitas, terhindar dari praktek-praktek yang mengarah pada kerusakan maupun merugikan orang lain, dan menumbuhkan daya cipta dan daya saing pada persaingan pasar, baik local maupun global.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etos kerja; al-Qur’an; Sayyid Quthb
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1229 Individual Suras and Groups of Suras
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 14 Dec 2021 04:27
Last Modified: 14 Dec 2021 04:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14368

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics