Analisis kepatuhan pedagang barang tiruan di pasar Kendal dalam perspektif maṣlaḥah mursalah

Mahmudi, Arief (2020) Analisis kepatuhan pedagang barang tiruan di pasar Kendal dalam perspektif maṣlaḥah mursalah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1502036161_ARIEF_MAHMUDI] Text (SKRIPSI_1502036161_ARIEF_MAHMUDI)
SKRIPSI_1502036161_ARIEF_MAHMUDI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Jual beli merupakan salah satu bagian penting dalam kehidupan sehari hari. Begitu pentingnya jual beli masyarakat sering kali bertransaksi menggunakan berbagai macam cara untuk mendapatkan nilai tambah atau keuntungan. Di desa Wonosari patebon Kendal terdapat masyarakat yang bertransaksi jual beli dengan barang bermerek namun berkualitas rendah. Akan tetapi perlu adanya peninjauan tentang status hukum bertransaksi jual beli barang KW dan sikap hukum hukum pedagang terhadap jual beli barang KW.
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti merupakan penelitian lapangan atau field research yang perolehan data penelitiannya langsung dari pemberi data. Adapun teknik pengumpulan datanya berupa wawancara, observasi maupun dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer yang di dapat dari wawancara terhadap pedagang di daerah pasar dan perangkat desa setempat serta data sekunder sebagai data penunjang penelitian ini berupa dokumentasi dan observasi.
Hasil penelitain menunjukan bahwa: pertama, mayoritas pedagang mengetahui tentang status hukum berjualan barang KW apakah itu tentang sanksi maupun kerugian yang didapatkan oleh pemilik asli atau pemegang hak paten atas merek tersebut akan tetapi para pedagang tidak megetahui tentang undang- undang nomor 20 tahun 2016 tentang merek . kedua, tentang analisis hukum islam menurut telaah imam al-ghazali mengemukakan bahwa pada prinsipnya maṣlaḥah adalah mengambil manfaat dan menolak kemudaratan dalam rangka memelihara tujuan-tujuan syariat. Hal ini bertolak belakang dengan sikap para pedagang yang menjual barang bermerek akan tetapi harga dan kualitasnya jauh dari aslinya seperti implementasi undang undang nomor 20 tahun 2016 tentang perlindungan merek.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan; Pedagang; Barang tiruan; Pasar tradisional; Maṣlaḥah mursalah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Dec 2021 07:40
Last Modified: 09 Dec 2021 07:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14372

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics