Implementasi Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) dengan model Self Organized Learning Environment (Sole) pada mata pelajaran Fiqih Di MTs Mafatihul Huda Padakaton- Brebes

Hikmah, Naeli Nur (2021) Implementasi Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) dengan model Self Organized Learning Environment (Sole) pada mata pelajaran Fiqih Di MTs Mafatihul Huda Padakaton- Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016182_NAELI_NUR_HIKMAH] Text (SKRIPSI_1703016182_NAELI_NUR_HIKMAH)
SKRIPSI_1703016182_NAELI _NUR_HIKMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentng implementasi pembelajaran daring dengan model self organized learning environment pada mapel fiqih di MTs Mafatihul Huda Padakaton, Brebes. Penelitian dilatar belakangi oleh pembelajaran yang dilakukan secara daring sehingga mmembuat motivasi belajar siswa menurun dan sebagai guru harus mampu melaksakan pembelajaran yang bervariatif. Tujuan penelitian ini untuk mendeksripsikan implementasi, problematika dan solusi serta respon siswa terhadap pembelajaran daring dengan model SOLE pada mapel fiqih.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket dengan narasumber kepala sekolah, waka kurikulum, guru mapel fiqih, dan siswa.
Pelaksanaan pembelajaran dengan model ini dibagi menjadi tiga tahap yaitu perencanaan yaitu guru membuat RPP, memberikan pertanyaan dan membagi kelompok, tahap kedua yaitu pelaksanaan mulai dari pemberian tiugas atau pertanyaan dilanjutkan dengan penyelidikan yang dilakukan oleh siswa dan review. Dan tahap terakhir pembelajaran yaitu evaluasi yang dilakukan guru dan siswa.Berdasarkan hasil penelitian pembalajaran dengan model ini menunjukan peningkatan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dan siswa juga dilatih untuk bekerjasama dengan kelompok serta melatih kepercayaan diri dengan presentasi di depan teman-teman kelas. Dengan model pembelajaran ini juga siswa dilatih untuk memanfaatkan internet untuk belajar dan selalu berhati-hati mengambil informasi di internet.
Problematika dan solusi pembelajaran dengan model SOLE antara lain pertama, waktu yang terbatas, solusinya adalah RPP lebih disederhanakan. Kedua, jaringan yang tidak stabil, dengan menggunakan wifi sekolah atau menggunakan kuota dari kemenag akan dapat mengatasi masalah ini.ketiga, siswa kurang bisa diskusi dan belum percaya diri untuk presentasi , hendaknya guru tetap mengawasi dan tidak hanya memberi tugas serta membiasakan dengan model belajar SOLE dan sebagainya. Keempat, siswa merasa bingung memilih website, dalam hal ini guru memberikan referensi nama website yang terpercaya.Tidak semua siswa menyukai model belajar ini, untuk mengatasinya adalah guru bersama siswa melakukan evaluasi mengenai model atau metode yang digunakan untuk pembelajaran berikutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Daring; SOLE; Fiqih; Metode Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Haidar Ainul Hakim
Date Deposited: 14 Dec 2021 11:13
Last Modified: 14 Dec 2021 11:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14398

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics