Pengembangan media pembelajaran transparan card sort untuk melatih keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi metabolisme kelas xii SMA

Maghfiroh, Adinda Fatikhatul (2021) Pengembangan media pembelajaran transparan card sort untuk melatih keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi metabolisme kelas xii SMA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1608086039_Adinda Fatikhatul Maghfiroh] Text (Skripsi_1608086039_Adinda Fatikhatul Maghfiroh)
Skripsi_1608086039_Adinda Fatikhatul Maghfiroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilakukan karena melihat kebutuhan siswa pada sekolah tujuan yang memang terbilang guru jarang menggunakan media pembelajaran, berdasarkan angket kebutuhan 76% siswa di sekolah tujuan memerlukan adanya penggunaan media pembelajaran. Proses pembelajaran yang efektif tidak bisa dilepaskan dari peran media pembelajaran, penggunaan media yang maksimal memungkinan siswa akan tertarik dan berminat untuk mengikut proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran transparan card sort guna melatih keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi metabolisme kelas XII SMA. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE , tahapan model pengembangan ini terdiri dari analysis, design, development, implemenetation dan evaluation. Pengembangan media ini diuji cobakan dalam skala kecil hal ini dikarenakan keterbatasan waktu serta keterbatasan kondisi pada masa pandemi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan validasi ahli media 71,6% dikategorikan layak, validasi ahli materi 95% dikategorikan sangat layak, dan 67,15% validasi ahli instrumen dikategorikan layak. Selain dari ahli tersebut juga mendapatkan respon praktisi pendidikan dalam hal ini dari guru biologi memperoleh hasil 87,50%. Sementara respon siswa sebesar 86,20%. Hasil respon positif siswa dari penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan oleh peneliti memiliki tingkat positifitas dalam melatih keterampilan berpikir kreatif. Dalam hal efektifitas medianya dapat dilihat berdasarkan nilai pretest (sebelum menggunakan media) dan posttest (sesudah menggunakan media). Berdasarkan perhitungan hasil pretest dan posttest mendapatkan hasil akhir signifikansi 0.000 yang artinya signifnasi (2-tailed) < 0.05 dapat dinyatakan media memberikan pengaruh bermakna atau efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berpikir kreatif; Media transparan cardsort; Metabolisme
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 14 Dec 2021 11:14
Last Modified: 14 Dec 2021 11:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14399

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics