Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa UIN Walisongo Semarang dalam memilih bank untuk membayar uang kuliah tunggal (UKT)

Fuadah S., Linda (2021) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa UIN Walisongo Semarang dalam memilih bank untuk membayar uang kuliah tunggal (UKT). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705036035_LINDA_FUADAH_S] Text (SKRIPSI_1705036035_LINDA_FUADAH_S)
SKRIPSI_1705036035_LINDA_FUADAH_S.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Perbankan berfungsi dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan untuk melakukan transaksi keuangan berupa pendanaan atau pembiayaan melalui produk-produk yang dimiliki. Pada perkembangannya, perbankan juga bekerjasama dengan Perguruan Tinggi guna memudahkan segala jenis transaksi terkait pembiayaan akademik, seperti halnya Uang Kuliah Tunggal (UKT). Salah satu Perguruan Tinggi yang bekerjasama dengan perbankan dalam lalu lintas pembayaran UKT adalah Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang yang menggandeng 4 (empat) bank, baik bank konvensional maupun bank syariah, diantaranya: Bank Jateng Syariah, Bank BRI Syariah, Bank BTN, dan Bank Mandiri. Bekerjasama dengan lebih dari satu bank adalah sesuatu yang dapat memudahkan mahasiswa, namun UKT yang dibayarkan setiap memasuki awal semester ini pastinya melewati proses memilih untuk mengambil keputusan bank apa yang akan digunakan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor pengetahuan, pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap keputusan mahasiswa UIN Walisongo Semarang dalam memilih bank untuk membayar UKT. Jenis penelitiannya adalah penelitian kuantitatif dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda yang diolah dengan aplikasi SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua faktor, yaitu faktor pengetahuan, pelayanan, fasilitas, dan lokasi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan mahasiswa UIN Walisongo Semarang dalam memilih bank untuk membayar UKT. Hasil uji koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 0,452 yang berarti keempat variabel independen, yaitu pengetahuan, pelayanan, fasilitas, dan lokasi memiliki kemampuan untuk menjelaskan pengaruhnya terhadap keputusan mahasiswa UIN Walisongo Semarang dalam memilih bank untuk membayar UKT sebesar 45,2%, sedangkan sisanya 54,8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar faktor yang digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keputusan; Mahasiswa; Memilih bank; Uang Kuliah Tunggal (UKT)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Dec 2021 10:12
Last Modified: 09 Dec 2021 10:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14402

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics