Bimbingan Islam dalam menumbuhkan kepercayaan diri penyintas HIV/Aids di Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) kota Semarang

Wijayanto, Nur Ikha (2020) Bimbingan Islam dalam menumbuhkan kepercayaan diri penyintas HIV/Aids di Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_131111103_NUR IKHA WIJAYANTO] Text (SKRIPSI_131111103_NUR IKHA WIJAYANTO)
SKRIPSI_131111103_NUR IKHA WIJAYANTO.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh tekanan-tekanan psikis yang terjadi pada penyintas HIV/AIDS menjadikannya tidak percaya diri sehingga menimbulkan rasa frustasi pada diri ODHA. Oleh karena itu penyintas HIV/AIDS perlu diberikan bimbingan Islam. Bimbingan Islam kepadanya, dilakukan melalui pelatihan-pelatihan, dzikir, shalat malam, membaca al-Qur’an dan memberikan bimbingan khusus baik melalui ceramah maupun konseling individu untuk menghilangkan ketidakpercayaan diri, sehingga nantinya mampu menjadi manusia yang berguna bagi hidupnya dan masyarakat luas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kondisi kepercayaan diri penyintas HIV/AIDS di PKBI Kota Semarang? 2) Bagaimana pelaksanaan bimbingan Islam dalam menumbuhkan kepercayaan diri penyintas HIV/AIDS di PKBI Kota Semarang?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan fenomenologi. Data di peroleh dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis data dengan tahapan data reduction, data display dan verification data/ conclusion drawing.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kondisi kepercayaan diri penyintas HIV/AIDS di PKBI Kota Semarang yaitu tidak menerima diri dan putus asa atas penyakitnya, tidak dapat menerima bahwa dirinya terkena HIV dan lebih memilih mati daripada menjalani hidup dengan penyakit yang hingga sekarang belum bisa disembuhkan, selain itu penyintas HIV/AIDS tidak memiliki kepercayaan diri dalam kehidupan bermasyarakat karena merasa hina, dikucilkan dan lainnya. 2) Pelaksanaan bimbingan Islam dalam menumbuhkan kepercayaan diri penyintas HIV/AIDS di PKBI Kota Semarang memfokuskan dalam tiga langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan dilakukan pembimbing dengan melakukan persiapan untuk membantu mempermudah dalam melakukan bimbingan Islam. Pelaksanaan dilakukan dengan memberikan materi bimbingan Islam terkait materi tauhid, syariah atau ibadah akhlak dengan program materi spiritual, psikologis, bimbingan sosial, yang menekankan pendekatan individual dan kelompok melalui metode ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi eksperimen, pembiasaan, out bond dan training motivasi yang didasarkan upaya meningkatkan ketahanan diri dan kepercayaan diri penyintas HIV/AIDS dengan mengedepankan motivasi untuk selalu mendekatkan diri pada Allah melalui taubat, sabar, berikhtiar dan tawakkal sehingga penyintas HIV/AIDS merasa dekat dengan Allah SWT dan mampu menjalani kehidupannya dengan percaya diri. Evaluasi dilakukan selalu mengadakan kontrol seberapa jauh kemampuan daya serap para penyintas HIV/AIDS dan menilai tingkah laku penyintas HIV/AIDS setelah melaksanakan bimbingan Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islam; Kepercayaan diri; HIV/AIDS
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Eka Harisma
Date Deposited: 14 Dec 2021 10:58
Last Modified: 14 Dec 2021 10:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14408

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics