Pengembangan e-modul materi struktur dan fungsi jaringan hewan untuk memberdayakan kemampuan berpikir kritis siswa sma kelas xi melalui model discovery based unity of sciences (dbus)

Budiastuti, Ririn (2021) Pengembangan e-modul materi struktur dan fungsi jaringan hewan untuk memberdayakan kemampuan berpikir kritis siswa sma kelas xi melalui model discovery based unity of sciences (dbus). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708086012_Ririn Budiastuti] Text (Skripsi_1708086012_Ririn Budiastuti)
Skripsi_1708086012_Ririn Budiastuti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan abad 21 menuntut inovasi serta penggunaan teknologi secara maksimal. Bentuk inovasi dalam pembelajaran yaitu dengan mengintegrasikan teknologi dan informasi dengan menggunakan media ataupun bahan ajar dalam pembelajaran, salah satunya yaitu e-modul. Selain itu, kemampuan yang dituntut pada abad 21 salah satunya yaitu kemampuan berpikir kritis. Salah satu materi biologi yang dianggap sulit oleh siswa adalah materi struktur dan fungsi jaringan hewan. Model pembelajaran yang sesuai akan mempengaruhi kemampuan berpikir dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang sesuai untuk memberdayakan kemampuan berpikir kritis dan Personal Religious Beliefs (PRB) yaitu model pembelajaran Discovery Based Unity of Sciences (DBUS), model ini dapat dikemas menjadi modul berbasis elektronik. Jenis penelitian ini yaitu research and development, penelitian ini dikembangkan menggunakan model pengembangan 4D. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini berdasarkan wawancara dan penyebaran angket. Penelitian dilakukan di SMA IT Bangkinang dan dilaksanakan secara daring. Sampel pada penelitian ini yaitu 30 siswa kelas XI PMIA SMA IT Bangkinang dan teknik sampling yang dipakai yaitu teknik random sampling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-modul yang kembangkan. Berdasarkan hasil penelitian e-modul sangat layak digunakan sebagai bahan ajar. Hal ini dapat diketahui dari nilai hasil uji kelayakan oleh ahli materi sebesar 83,87%, ahli keterampilan berpikir kritis sebesar 95%, ahli integrasi Islam sebesar 96,6%, ahli bahan ajar sebesar 84,37%, tanggapan guru biologi sebesar 96,25%, dan hasil respon siswa terhadap e-modul sebesar 91,38%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: E-modul; Berpikir kritis; Discovery based Unity of Sciences (DBUS)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 573 Specific physiological systems in animals, regional histology and physiology in animals
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 14 Dec 2021 11:18
Last Modified: 14 Dec 2021 11:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14410

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics