Analisis penggunaan whatsapp dalam pembelajaran biologi pada masa pandemi covid-19 di MAN 2 Brebes

Mujaddidi, Syahzinda (2021) Analisis penggunaan whatsapp dalam pembelajaran biologi pada masa pandemi covid-19 di MAN 2 Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708086051_Syahzinda Mujaddidi] Text (Skripsi_1708086051_Syahzinda Mujaddidi)
Skripsi_1708086051_Syahzinda Mujaddidi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pandemi covid-19 merupakan sebuah musibah yang menimpa seluruh dunia, termasuk juga Indonesia. Pemerintah Indonesia memutuskan untuk menutup seluruh sekolah dan mengalihkan pendidikan menjadi sistem dalam jaringan(daring). Salah satu media pembelajaran daring adalah whatsapp. Pembelejaran daring menggunakan aplikasi whatsapp memiliki beberapa kendalah diantaranya membutuhkan handphone yang mendukung untuk mengoperasikan aplikasinya, membutuhkan memori yang besar, sinyal yang stabil. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui tantangan guru biologi MAN 2 Brebes menggunakan whatsapp dalam pembelajaran daring selama pandemi covid-19 dan Untuk menganalisis ketercapaian KI dan KD kelas X MAN 2 Brebes pada pembelajaran biologi dengan menggunakan whatsapp dimasa pandemi covid-19. Metode yang digunakan adalah metode wawancara (interview), metode angket dan metode dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pemanfaatan aplikasi whatsapp dengan penggunaan fitur yang ada sangat membantu proses pembelajaran biologi, akan tetapi pembelajaran masih kurang efektif karena tidak semua materi yang disampaikan dipahami oleh peserta didik. Guru mata pelajaran harus memantau peserta didik disela kewajibannya mengajar agar materi dapat diterima oleh semua peserta didik. Hambatan yang dirasakan oleh peserta didik yang sering dialami adalah masalah kekuatan sinyal dan minimnya kuota yang dimiliki peserta didik. Kesimpulannya adalah ketersediaan memori ponsel yang terbatas sehingga apabila memori ponsel tersebut penuh maka akan memperlambat kinerja ponsel dan dapat menyebabkan ponsel tidak dapat bekerja dengan maksimal. Selain itu tidak stabilnya sinyal dan ketersediaan kuota yang tidak banyak juga menjadi tantangan bagi guru. Kurikulum Inti (KI) dan Kurikulum Dasar (KD) untuk mata pelajaran biologi kelas X pada materi ekosistem tercapai dibuktikan dengan ketercapaian pada nilai ulangan pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pandemi covid-19; Pembelajaran daring; Media pembelajaran; Aplikasi whatsapp
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 14 Dec 2021 11:34
Last Modified: 14 Dec 2021 11:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14418

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics