Tinjauan Hukum Pidana Islam terhadap pendampingan mantan narapidana narkotika dengan pendekatan prison art programs (PAPS) : studi kasus di Yayasan Seni Penjara Yogyakarta

Hartomo R, Arifin (2020) Tinjauan Hukum Pidana Islam terhadap pendampingan mantan narapidana narkotika dengan pendekatan prison art programs (PAPS) : studi kasus di Yayasan Seni Penjara Yogyakarta. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1502026066_Arifin_Hartomo_R] Text (SKRIPSI_1502026066_Arifin_Hartomo_R)
1502026066_Arifin Hartomo R_Full Skripsi - Arifin Hartomo R.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Seorang mantan narapidana telah menyelesaikan masa hukuman dalam penjara dan telah mendapatkan berbagai pendampingan. Mereka mencoba memperbaiki diri dan berusaha tidak mengulangi perbuatan yang pernah membuatnya mendekam dalam penjara. Dalam perspektif Islam, hal ini sama halnya dengan taubat. Taubat merupakan permulaan seseorang untuk mensucikan diri, membersihkan jiwa, batin, dan hati dari segala dosa yang melekat ditubuh. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pendampingan mantan narapidana narkotika dan tinjauan Hukum Pidana Islam terhadap kegiatan pendampingan narapidana narkotika yang di laksanakan oleh Yayasan Seni Penjara Yogyakarta.
Jenis penelitan yang digunakan adalah deskriptif analisis. Penelitian hukum yang digunakan adalah Sosio legal research dengan dua pendekatan yakni legal research dan socio research. dengan metode pengumpulan data primer dan sekunder berupa buku-buku, draf undang-undang dan data fakta berupa hasil wawancara, serta sample data kasus. Menggunakan sifat penelitian berupa Non judicial Case Study merupakan pendekatan studi kasus hukum yang tanpa konflik sehingga tidak ada campur tangan dengan pengadilan, karena berfokus kepada penyelesaian permasalahan diluar pengadilan. Sumber primer dalam penelitian ini penulis peroleh secara langsung dari pihak Pengurus Yayasan Seni Penjara. Bahan Hukum yang digunakan adalah Undang-Undang Narkotika (UU RI No. 35 Tahun 2009), Undang-Undang Pemasyarakatan (UU RI No. 12 Tahun 1995), Peraturan Mentri Kesehatan (Permenkes No. 50 Tahun 2015), serta menggunakan Pemikiran Ushul Fikih Al-Ghazali tentang Al-Maslahah Al-Mursalah dalam Kitab Al-Mustashfa min ‘Ilmi Al-Ushul karya Al-Ghazali. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mengikuti model analisis data Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menjelaskan berdasarkan tujuan dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Yayasan Seni Penjara Yogyakarta, maka tinjauan Hukum Pidana Islam terhadap model pendampingan narapidana sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Imam Ghozali dalam maslahat mursalah pada kitabnya Al Mustashfâ min Ilmi al Ushûl adalah dalam kategori Maslahat yang diperbolehkan oleh syara’. Tujuan dan kegiatan yang telah dilakukan oleh Yayasan Seni Penjara Yogyakarta telah memenuhi empat syarat dalam kategori masuk dalam maslahat mursalah diperbolehkannya sebagai pertimbangan dalam menentukan hukum islam, yaitu: Maslahatnya sejalan dengan tindakan syara’, maslahatnya menempati level daruriyah atau hajiyah yang menduduki tempat daruriyah, maslahatnya bersifat qat `iyah atau zann yang mendekatinya, maslahatnya tidak berlawanan dengan Al-Qur’an, Sunnah/Hadis atau Ijma’.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prison art programs PAPS); maslahat mursalah; narapidana Narkotika.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 09 Dec 2021 11:37
Last Modified: 09 Dec 2021 11:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14423

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics