Pengaruh promotion mix terhadap minat nasabah memilih produk gadai emas di bank bri syariah Kantor Cabang Semarang

Nisa, Rizka Fatkhin (2020) Pengaruh promotion mix terhadap minat nasabah memilih produk gadai emas di bank bri syariah Kantor Cabang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1605036040_RIZKA_FATKHIN_NISA] Text (SKRIPSI_1605036040_RIZKA_FATKHIN_NISA)
SKRIPSI_1605036040_RIZKA_FATKHIN_NISA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari turunnya minat nasabah pada gadai emas di BRI Syaraiah KC Semarang dari tahun ke tahun dan salah satu faktor yang mendukung pemasaran produk yakni promosi. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh promotion mix/bauran promosi (advertising, sales promotion, public relation, personal selling) terhadap minat nasabah memilih produk gadai emas di BRI Syariah KC Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Objek penelitian adalah seluruh nasabah BRI Syariah KC Semarang. Data yang digunakan adalah data primer dengan pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data, yaitu uji analisis deskriptif, validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis regresi linear berganda.
Hasil uji t-test menunjukkan bahwa variabel X1 (Advertising) nilai signifikansi sebesar 0,00 <0,05 dan t hitung 4,463> t tabel 1,985, artinya variabel advertising berpengaruh positif signifikan terhadap variabel minat nasabah. Variabel X2 (Sales promotion) nilai signifikansi sebesar 0,825 > 0,05 dan nilai t hitung -0,222 < 1,985, artinya variabel sales promotion berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap minat nasabah. Variabel X3 (Public relation) nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan t hitung 3,417 > t tabel 1,985, artinya variabel public relation berpengaruh positif signifikan terhadap minat nasabah. Variabel X4 (Personal selling) nilai signifikansi sebesar 0,580 > 0,05 dan t hitung -0,555 < t tabel 1,985, artinya variabel personal selling berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat nasabah. Dari hasil uji f-test, variabel promotion mix secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap minat nasabah memilih produk gadai emas di BRI Syariah KC Semarang. Dan dari hasil penelitian ini nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,559 atau 55,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Promotion mix/bauran promosi; Advertising; Sales promotion; Public relation; Personal selling; dan at.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 09 Dec 2021 11:47
Last Modified: 09 Dec 2021 11:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14425

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics