Penanaman kedisiplinan dalam membentuk karakter religius anak di Panti Asuhan Tarbiyatul Yatama Sayung Demak

Oktaviani, Via (2021) Penanaman kedisiplinan dalam membentuk karakter religius anak di Panti Asuhan Tarbiyatul Yatama Sayung Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016146_VIA_OKTAVIANI] Text (SKRIPSI_1703016146_VIA_OKTAVIANI)
SKRIPSI_1703016146_VIA_OKTAVIANI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pembentukan karakter religius yang dibutuhkan pada generasi bangsa Indonesia, pembentukan karakter religius tidak terlepas melalui penanaman kedisiplinan. Dengan kata lain, pembinaan kedisiplinan dilakukan dan diberikan secara intensif terhadap anak di panti asuhan. Panti asuhan tersebut merupakan lembaga yayasan sosial yang dapat berperan besar dalam peningkatan karakter anak. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah apa kedisiplinan yang ditanamkan di Panti Asuhan Tarbiyatul Yatama Sayung Demak?, dan Bagaimana strategi penanaman kedisiplinan dalam pembentukan karakter religius anak di Panti Asuhan Tarbiyatul Yatama Sayung Demak?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan. Penelitian dilakukan di Panti Asuhan Tarbiyatul Yatama Sayung Demak. Metode yang digunakan untuk memperoleh data penelitian melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Pada penelitian ini menunjukkan hasil bahwa kedisiplinan yang ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari anak yang tinggal di panti asuhan yaitu meliputi kedisiplinan ibadah, kedisiplinan belajar, dan kedisiplinan sosial. Nilai inilah yang menjadi pondasi agar mereka dapat berinteraksi secara baik dengan teman-temannya yang berada di dalam panti asuhan maupun orang lain yang berada di luar lingkungan panti asuhan, sebab nilai yang ditanamkan praktiknya mengikut sertakan teman atau warga sekitar di panti asuhan. Sebagai bentuk interaksi, dan strategi penanamannya di lingkungan panti asuhan melalui beberapa strategi, hal ini dilakukan sebagai bentuk penguatan kedisiplinan yang ditanamkan dalam pembentukan karakter religius saat kegiatan berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Penanaman; Kedisiplinan; Karakter Anak; Pendidikan Karakter
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Haidar Ainul Hakim
Date Deposited: 14 Dec 2021 11:38
Last Modified: 14 Dec 2021 11:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14428

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics