Implementasi metode Ummi dalam pembelajaran Al-Quran di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Blora

Ulya, Luluk Aminatin (2021) Implementasi metode Ummi dalam pembelajaran Al-Quran di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Blora. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016144_LULUK_AMINATIN_ULYA_Lengkap] Text (SKRIPSI_1703016144_LULUK_AMINATIN_ULYA_Lengkap)
SKRIPSI_1703016144_LULUK_AMINATIN_ULYA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Quran di MI Salafiyyah Blora, unsur-unsur utama dalam metode Ummi, dan mengetahui kelemahan serta kelebihan dari penerapan metode Ummi di sekolah tersebut.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan data menggunakan triangulasi data, triangulasi data terdiri dari tiga tahap yaitu triangulasi teknik,waktu, dan sumber. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan,yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Quran di MI Salafiyyah Blora sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan aturan atau sistem yang diajukan oleh Ummi Foundation baik itu materi pembelajaran, target pencapaian maupun tahapan pembelajaran. Terdapat 7 tahapan pembelajaran yang harus dilalui yaitu, pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan atau keterampilan, evaluasi, dan penutup. Pembelajaran dilakukan setiap hari senin sampai jumat dengan durasi waktu 60 menit. Proses pembelajaran yang digunakan menggunakan metode klasikal, yaitu pertama guru membaca materi yang ada di alat peraga, setelah itu membaca buku jilid pada halaman yang sudah ditentukan, guru mencontohkan bacaan terlebih dahulu kemudian membaca bersama-sama dengan anak-anak. Setelah dirasa cukup maka bergantian satu persatu membaca dan yang lain menyimak bacaan. Waktu yang digunakan untuk menyelesaikan materi yaitu 40 pertemuan, dan bisa lebih cepat dari target yang telah ditentukan. Unsur-unsur utama dari metode Ummi yaitu metode, guru dan sistem, selain itu terdapat 10 pillar mutu metode Ummi. Setiap metode pasti memiliki kekurangan dan kelebihan dalam penerapannya di suatu lembaga, untuk mengatasi kekurangan metode Ummi maka yang bisa dilakukan oleh MI Salafiyyah Blora adalah melakukan supervisi internal maupun eksternal, evaluasi guru Al-Quran, serta kerjasama dengan orangtua melalui group whatsap.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Ummi; Pembelajaran Al-Quran.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Haidar Ainul Hakim
Date Deposited: 13 Dec 2021 04:07
Last Modified: 13 Dec 2021 04:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14429

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics