Pengembangan kreativitas anak dalam bermain musik melalui metode demonstrasi di TK Al-Ilyas Desa Babalan tahun 2020/2021

Prayoga, Bagus (2021) Pengembangan kreativitas anak dalam bermain musik melalui metode demonstrasi di TK Al-Ilyas Desa Babalan tahun 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1503106059_Bagus Prayoga_Lengkap] Text (Skripsi_1503106059_Bagus Prayoga_Lengkap)
Bagus_Prayoga_1503106059_TUGAS_AKHIR - Kanjeng Pra(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar anak membuat peneliti bersama guru mencari solusi dengan cara memperbaiki proses pembelajaran. Salah satu usaha untuk menciptakan suasana pembelajaran yang tidak monoton dan kondusif maka peneliti menawarkan metode demonstrasi sebagai salah satu alternatif dalam upaya meningkatkan hasil belajar anak. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan pengembangan kreativitas bermain musik di TK Al-Ilyas Desa Babalan? 2) Bagaimana pelaksanaan metode demonstrasi dalam mengembangkan kreativitas bermain musik di TK Al-Ilyas Desa Babalan?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berbentuk penelitian penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas bermain musik dengan menggunakan metode demonstrasi, dapat diketahui bahwa pada siklus I belum mencapai indikator kinerja yang harus dicapai, yaitu sebesar 60% dan selanjutnya pada siklus II menurut grafik diatas sudah mencapai indikator kinerja yaitu 93,8%, sehingga dapat dikatakan bahwa kegiatan pengembangan kreativitas anak dalam bermain musik dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak di TK Al-Ilyas. 2) Guru mendemonstrasikan dan bermain alat musik serta mempraktekan gelas kaca yang di tata rapih, dan berisikan air sesuai kebutuhan untuk mencari nada solmisasi. dan menerangkan dengan pelan-pelan kepada anak. Guru menjelaskan dan mempraktekkan secara pelan-pelan pada anak bahwa, saat akan mencari nada pada bagian gelas kaca yang berisikan air. Pada bagian gelas kaca diisikan air sesuai tangga nada yang akan membentuk bunyi-bunyian yang berbeda-beda. Dan setelah menemukan dan mencari nada solmisasi. Guru mulai mempraktekan, dengan memukul gelas kaca yang berisikan air sesuai nada dan menyanyikan sebuah lagu yaitu keliling ka’bah. Dengan perlahan-lahan agar anak dapat memperhatikan apa yang guru praktekan. Guru mempraktekkan cara memegang alat ‘pukul’ dengan baik dan benar, dan mulai memukul gelas kaca yang berisi air. Satu persatu di pukul secaa bergantian dan mengulang nya hingga menghasilkan bunyi-bunyian secara nada solmisasi

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan kreativitas anak; Bermain musik; Metode demonstrasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Dec 2021 02:18
Last Modified: 10 Dec 2021 02:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14432

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics