Disfungsi keluarga dan dampaknya terhadap kenakalan remaja di Desa Karangmangu Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang: analisis bimbingan konseling keluarga Islami

Maula, Lathifatul (2020) Disfungsi keluarga dan dampaknya terhadap kenakalan remaja di Desa Karangmangu Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang: analisis bimbingan konseling keluarga Islami. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501016121_Lathifatul_Maula_Lengkap] Text (SKRIPSI_1501016121_Lathifatul_Maula_Lengkap)
SKRIPSI_1501016121_Lathifatul_Maula.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Disfungsi keluarga yang terjadi di desa Karangmangu Sarang Rembang disebabkan oleh keluarga yang kurang menjalankan fungsinya dengan baik. Sehingga berdampak pada terjadinya kenakalan remaja. Kenakalan remaja yang terjadi disebabkan oleh faktor tidak adanya dukungan atau lingkungan keluarga yang baik untuk remaja. Hal tersebut terbukti bahwa dikalangan orang tua banyak yang tidak memperhatikan anak remajanya, sehingga adanya kesibukan dalam bekerja yang menjadikan dampak terjadinya disfungsi dalam keluarga. Rumusan Masalah:(1) Bagaimana disfungsi keluarga di Desa Karangmangu Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang? (2) Bagaimana dampak disfungsi keluarga terhadap kenakalan remaja di Desa Karangmangu Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang? (3) Bagaimana dampak disfungsi keluarga terhadap kenakalan remaja di desa Karangmangu Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang dalam perspektif bimbingan dan konseling keluarga Islami?
Penelitian ini bertujuan untuk mengertahui: (1) Mengetahui disfungsi keluarga di desa Karangmangu Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang, (2) Mengetahui dampak disfungsi keluarga terhadap kenakalan remaja di desa Karangmangu Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang, (3) Mengetahui dampak disfungsi keluarga terhadap kenakalan remaja di desa Karangmangu Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang dalam perspektif bimbingan dan konseling keluarga Islami. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini ada dua sumber data, data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan mengikuti model Miles dan Hubermen, yang terbagi dalam beberapa tahap: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing).
Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan: Pertama, analisis disfungsi keluarga di desa Karangmangu Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang. Disfungsi keluarga yang terjadi di desa Karangmangu dapat dicirikan, pertama; kematian salah satu atau kedua orang tua, kedua; hubungan orang tua dengan anak kurang baik, ketiga; orang tua sibuk bekerja dan jarang di rumah. Kedua, analisis dampak disfungsi keluarga terhadap kenakalan remaja di desa Karangmangu. Disfungsi keluarga yang terjadi di desa Karangmangu memiliki dampak terhadap kenakalan remaja. Adapun kenakalan yang dilakukan oleh remaja desa Karangmangu merupakan bentuk kenakalan biasa, seperti, merokok, membolos sekolah dan kurang hormat terhadap orang tua Ketiga, analisis dampak disfungsi keluarga terhadap kenakalan remaja dalam perspektif bimbingan dan konseling keluarga Islami. Bimbingan dan konseling keluarga Islami pada intinya bimbingan yang diberikan untuk mengatasi problem anggota keluarga untuk memberikan dukungan agar keluarga yang disfungsi bisa teratasi masalahnya dan bisa menjalankan fungsi keluarga dengan normal sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Disfungsi keluarga; Remaja; Bimbingan konseling keluarga Islami
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 15 Dec 2021 01:05
Last Modified: 15 Dec 2021 01:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14444

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics