Implikasi asas ultra petita terhadap kebebasan dan independensi hakim dalam memutuskan perkara pidana : studi putusan pengadilan negeri nomor. 157/PID.SUS/2020/PN TBN

Handoko, Mahatma Ikhwan (2021) Implikasi asas ultra petita terhadap kebebasan dan independensi hakim dalam memutuskan perkara pidana : studi putusan pengadilan negeri nomor. 157/PID.SUS/2020/PN TBN. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1702056067_Mahatma Ikhwan Handoko_Skripsi Lengkap] Text (1702056067_Mahatma Ikhwan Handoko_Skripsi Lengkap)
1702056067_Mahatma Ikhwan H_Full Skripsi - Mahatma Handoko.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Putusan Ultra Petita merupakan putusan yang tidak pernah berhenti untuk diperdebatkan. Asas Ultra Petita sendiri merupakan asas terkait dengan penjatuhan putusan oleh hakim atas perkara yang tidak dituntut atau melebihi apa yang diminta. Secara normatif, tidak ada peraturan yang menyebutkan secara eksplisit mengenai kebolehan atau ketidakbolehan hakim dalam memutus melebihi apa yang diminta. Akan tetapi dalam ranah pidana, secara implisit larangan Ultra Petita terkait memutus melebihi apa yang diminta terdapat dalam Pasal 182 ayat (4) KUHAP dimana hakim dalam menjatuhkan putusan harus berdasar pada dakwaan jaksa penuntut umum. Hal ini kemudian menimbulkan berbagai pro dan kontra berkaitan dengan putusan hakim yang tidak sesuai dengan dakwaan penuntut umum. Hal ini juga sedikit tidak sejalan dengan Undang-Undang Nomor 48 tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman, dimana hakim diberi kebebasan dalam memutus perkara, akan tetapi disisi lain hakim dalam menjatuhkan putusan juga dibatasi berdasarkan dakwaan jaksa penuntut umum.
Berdasarkan permasalahan tersebut penulis kemudian mengelaborasinya kedalam penelitian yang berjudul “Implikasi Asas Ultra Petita Terhadap Kebebasan dan Independensi Hakim dalam Memutuskan Perkara Pidana (Studi Putusan Pengadilan Negeri Nomor:157/Pid.Sus/2020/PN Tbn)”. Rumusan masalah dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan implikasi asas ultra petita terhadap kebebasan dan independensi hakim dalam memutuskan perkara pidana berdasarkan Putusan Pengadilan Negeri Nomor: 157/Pid.Sus/2020/PN Tbn. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis-empiris dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Pengadilan Negeri Tuban. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari lapangan berupa hasil wawancara dengan Hakim Pengadilan Negeri Tuban dan data sekunder yang diperoleh dari Putusan Pengadilan Negeri Tuban Nomor: 157/Pid.Sus/2020/PN Tbn serta bahan-bahan hukum (primer-sekunder). Metode pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan dan wawancara yang disajikan secara deskriptif-analitis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hakim dalam menjatuhkan putusan dalam Perkara Nomor: 157/Pid/Sus/2020/PN Tbn tersebut tidak mengandung Ultra Petita. Hal tersebut dapat dilihat dari putusan hakim yang sedikit keluar dari dakwaan yang didakwakan oleh jaksa penuntut umum. Hal ini diperbolehkan karena dakwaan yang dibuat masih berhubungan dengan dakwaan sebelumnya. Sedangkan pengaruh Asas Ultra Petita terhadap kebebasan dan independensi hakim dalam menjatuhkan putusan tidak dibatasi oleh apapun selagi putusan tersebut sesuai dengan pembuktian dan fakta yang terungkap di dalam persidangan, yang kemudian dipadukan dengan keyakinan hakim. Hakim boleh menjatuhkan putusan yang bersifat Ultra Petita asalkan pasal yang digunakan oleh hakim masih berkaitan dan berhubungan satu sama lainnya dengan pasal yang didakwakan oleh jaksa penuntut umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ultra petita; Kekuasaan kehakiman; Putusan hakim
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 347 Civil procedure and courts
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 15 Dec 2021 01:08
Last Modified: 15 Dec 2021 01:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14446

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics