Kegiatan Yasin Tahlil sebagai implementasi pendidikan akhlak pada siswa kelas 3-6 MI Mazra’atul Ulum 02 Paciran Lamongan

Wahyudi, Ahmad (2021) Kegiatan Yasin Tahlil sebagai implementasi pendidikan akhlak pada siswa kelas 3-6 MI Mazra’atul Ulum 02 Paciran Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1703096001_Ahmad Wahyudi_Lengkap] Text (Skripsi_1703096001_Ahmad Wahyudi_Lengkap)
SKRIPSI LENGKAP - ahmad wahyudi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan akhlak sangat penting diajarkan pada anak sejak dini agar tertanam dalam diri anak sikap atau watak yang baik. Dalam pelaksanaannya, pendidikan akhlak tidak hanya diajarkan dalam mata pelajaran, tetapi juga dapat diajarkan melalui program pengembangan diri yang dilakukan di luar jam pelajaran. Seperti halnya yang ada di MI Mazra’atul Ulum 02 Paciran Lamongan, memiliki kegiatan Yasin Tahlil. Oleh karena itu, dalam penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu mendeskripsikan kegiatan Yasin Tahlil sebagai implementasi pendidikan akhlak pada siswa kelas 3-6 MI Mazra’atul Ulum 02 Paciran Lamongan.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan Yasin Tahlil sebagai implementasi pendidikan akhlak pada siswa kelas 3-6 MI Mazra’atul Ulum 02 Paciran Lamongan dalam pelaksanaannya tidak jauh berbeda dengan kegiatan Yasin Tahlil pada umumnya, namun terdapat tambahan rangkaian kegiatan yang mendukung tercapainya pendidikan akhlak. Dengan demikian diperoleh bentuk akhlakul karimah seperti sopan dan santun, selalu mengingat Allah, saling tolong menolong, dan disiplin waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Yasin Tahlil; Pendidikan akhlak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Dec 2021 09:26
Last Modified: 10 Dec 2021 09:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14449

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics