Implementasi pembelajaran daring pada guru kelas rendah MI Thoriqotul Ulum Pati tahun pelajaran 2020/2021

Lestari, Anik (2021) Implementasi pembelajaran daring pada guru kelas rendah MI Thoriqotul Ulum Pati tahun pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1703096043_Anik Lestari_Lengkap] Text (Skripsi_1703096043_Anik Lestari_Lengkap)
skripsi anik final ya - Siti khotijah Khotijah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran daring merupakan sebuah model pembelajaran yang difasilitasi dan didukung pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Pembelajaran tersebut menuntut guru untuk belajar lebih mengenai iptek agar menunjang terlaksannya pembelajaran daring dengan optimal.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran daring pada guru kelas rendah, serta faktor pendukung dan penghambat guru kelas rendah saat melakukan pembelajaran daring di MI Thoriqotul Ulum Pati. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripstif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara ,observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, serta conclusion/verification.

Penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas rendah MI Thoriqotul Ulum Pati tahun ajaran 2020/2021 menggunakan aplikasi whatsap group untuk melaksanakan pembelajarn daring. Faktor pendukung guru kelas rendah dalam melaksanakan pembelajaran daring yaitu handphone sebagai media pembelajaran daring, adanya kuota internet, jaringan internet yang bagus, adanya kerjasama antara wali murid dengan guru sehingga pembelajaran daring dapat terlaksana, serta guru dan siswa dapat mengoperasionalkanaplikasi whatsaap sebagai media pembelajaran selama daring. Faktor penghambat guru kelas rendah dalam melaksanakan pembelajaran daring yaitu guru belum mahir dalam menggunakan aplikasi whatsaap, ruang penyimpanan handphone yang tidak cukup, siswa tidak memiliki handphone untuk melakukan pembelajaram daring, tidak adanya kuota internet, wali murid yang masih gagap teknologi, serta siswa sering telat dalam pengumpulan tugas sekolah. Solusi yang yang diberikan yaitu dengan memberi subsidi kuota internet kepada siswa, menfasilitasi siswa yang tidak punya andorid dengan menfotocopy dan mengantarkan tugas ke rumah siswa, guru melakukan inovasi dalam pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi pembelajaran daring; Faktor pendukung; Faktor penghambat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Dec 2021 09:42
Last Modified: 10 Dec 2021 09:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14455

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics