Pengaruh pendapatan margin dan pendapatan bagi hasil terhadap tingkat laba bersih Bank Syariah Bukopin

Mubarok, Rifqi (2021) Pengaruh pendapatan margin dan pendapatan bagi hasil terhadap tingkat laba bersih Bank Syariah Bukopin. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705036139_RIFQI_MUBAROK_Lengkap] Text (SKRIPSI_1705036139_RIFQI_MUBAROK_Lengkap)
1705036139_Rifqi Mubarok_Lengkap Tugas Akhir - Rifqi Mubarok.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pendapatan Margin dan Pendapatan Bagi Hasil Terhadap Laba Bersih Pada Bank Syariah Bukopin. Hasil yang diperoleh dari pendapatan diharapkan laba yang diperoleh bank akan membaik atau naik, maka pengelolaan pendapatan pada Bank Syariah Bukopin dengan akad Mudharabah, Musyarakah, Murabahah dan Istishna akan mempengaruhi laba yang akan diterima oleh bank. Laba bersih dapat digunakan untuk mengetahui kemampuan bank syariah dalam mengelola manajemen yang dimilikinya, dimana ketika laba meningkat memperlihatkan kinerja manajemen yang baik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan triwulan Bank Syariah Bukopin periode 2012-2019 dengan diperoleh 32 jumlah sampel. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji asumsi klasik, uji linier berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial pendapatan margin berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih, pendapatan bagi hasil berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap laba bersih. Hasil penelitian secara simultan antara pendapatan margin dan pendapatan bagi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih Bank Bukopin Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendapatan margin; Pendapatan bagi hasil; Laba bersih
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 15 Dec 2021 01:11
Last Modified: 15 Dec 2021 01:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14459

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics