Pengaruh metode peer lessons pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas IV MI Miftahul Huda Mijen Kota Semarang tahun ajaran 2020/2021

Fuadah, Anisatul (2021) Pengaruh metode peer lessons pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas IV MI Miftahul Huda Mijen Kota Semarang tahun ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1703096061_Anisatul Fuadah_Lengkap] Text (Skripsi_1703096061_Anisatul Fuadah_Lengkap)
1703096061_Anisatul Fuadah_Lengkap Tugas Akhir - Anisatul Fuadah.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Peer Lessons pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap Keterampilan Komunikasi interpersonal siswa kelas IV MI Miftahul Huda Mijen Kota Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen Quasi Experimental Design (eksperimen semu), Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MI Miftahul Huda semester genap tahun ajaran 2020/2021. Kelas IV A sebanyak 16 anak sebagai kelas Eksperimen dan kelas IV B sebanyak 16 anak sebagai kelas kontrol, karena populasi berjumlah 32 maka peneliti mengunakan penelitian populasi. Hasil perhitungan rata-rata skor komunikasi interpersonal sebelum diberi perlakuan pada kelas eksperimen pre respond yaitu rata-ratanya 63.68 dan post respond 75.18. Sedangkan kelas kontrol pre respond 55,437 dan post respond 63,37. Berdasarkan uji perbedaan rata-rata pre respond diperoleh thiung =3,521 dan ttabel =1,697. Pada post respond thitung =5,021 dan ttabel =1,697 dengan taraf signifikasi 5% dan dk= 16=16-2 = 30. Hasil penelitian ini menunjukkan thitung > ttabel maka hipotesis yang diajukan diterima. Hal ini menunjukkan bahwa metode peer lessons berpengaruh terhadap keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas IV MI Miftahul Huda Semarang Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode peer lessons; Keterampilan komunikasi interpersonal
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Dec 2021 09:57
Last Modified: 10 Dec 2021 09:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14463

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics