Pengaruh daya tarik promosi, kemudahan penggunaan dan literasi keuangan terhadap minat penggunaan e-wallet: studi kasus produk go pay dan shopeepay pada masyarakat muslim pengguna di wilayah Kabupaten Tegal

Rahmawati, Isma Laily (2021) Pengaruh daya tarik promosi, kemudahan penggunaan dan literasi keuangan terhadap minat penggunaan e-wallet: studi kasus produk go pay dan shopeepay pada masyarakat muslim pengguna di wilayah Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705036129_ISMA_LAILY_RAHMAWATI_Lengkap] Text (SKRIPSI_1705036129_ISMA_LAILY_RAHMAWATI_Lengkap)
1705036129_ISMA LAILY RAHMAWATI_Full Skripsi - Isma Laily Rahmawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

E-WaIIet atau dompet digital merupakan aIternatif pembayaran non tunai daIam melakukan transaksi keuangan secara online. Tujuan peneIitian ini adaIah untuk mengetahui hubungan antara pengaruh daya tarik promosi, kemudahan penggunaan dan literasi keuangan terahadap minat penggunaan e-wallet.
PeneIitian ini diIakukan dengan membagikan kuesioner pada masyarakat wiIayah Kabupaten Tegal yang mengetahui dan menggunakan Iayanan e-wallet produk gopay dan shopeepay. Penentuan sampeI dalam penelitian ini menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan metode AccidentaI SampIing dan diperoIeh sampeI sebesar 100 responden. Teknik pengumpuIan data yang diIakukan diambiI berdasarkan orang yang kebetuIan ditemui cocok dan sejalan dengan kriteria sebagai sumber data peneIiti. Metode anaIisis data daIam peneIitian ini terdiri dari anaIisis deskriptif.
HasiI penelitian ini menujukkan bahwa variabeI daya tarik promosi, kemudahan penggunaan dan literasi keuangan berpengaruh terhadap minat penggunaan e-waIIet. HasiI ini dapat dibuktikan dari niIai F hitung sebesar 33.434 > F tabeI 2,70 dengan niIai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05). Menurut uji t, ketiga variabel X berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat penggunaan e-wallet. HaI ini dibuktikan pada nilai uji t hitung variabel daya tarik promosi sebesar 3,226 > t tabel 1,664 dengan niIai signifikansi 0,002 < 0,05. Sedangkan variabeI kemudahan penggunaan memiIiki nilai t hitung 3,276 > 1,664 dengan niIai signifikansi 0,001 < 0,05 dan variabel literasi keuangan memiliki niIai t hitung 4,949 > 1,664 dan niIai signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Daya tarik promosi; Kemudahan penggunaan; Literasi keuangan; Minat penggunaan e-wallet
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 15 Dec 2021 01:40
Last Modified: 15 Dec 2021 01:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14464

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics