Pengaruh metode everyone is a teacher here terhadap kemampuan berfikir kritis siswa mata pelajaran IPS kelas IV MI Islamiyah Penjalinbanyu Brebes tahun ajaran 202/2021

Nurinayah, Misky (2021) Pengaruh metode everyone is a teacher here terhadap kemampuan berfikir kritis siswa mata pelajaran IPS kelas IV MI Islamiyah Penjalinbanyu Brebes tahun ajaran 202/2021. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1703096081_Misky Nurinayah_Lengkap] Text (Skripsi_1703096081_Misky Nurinayah_Lengkap)
1703096081_MISKY NURINAYAH_FULL SKRIPSI - Misky Nurinayah.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode everyone is a teacher here terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPS siswa kelas IV MI Islamiyah Penjalinbanyu Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen Quasi Experimen Design tipe Post-test Only Control Design. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi. Instrumen yang digunakan berupa rubrik penilaian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Islamiyah Penjalinbanyu Brebes tahun ajaran 2020/2021. Data dianalisis menggunakan analisis uji statistik uji independent sample t-test.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa adanya pengaruh metode everyone is a teacher here terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil thitung = 2,144 dan nilai ttabel = 2, 021. thitung > ttabel dengan α = 5% dengan dk-2 = 21+21-2 = 40. Dengan taraf thitung > ttabel maka Ha diterima, artinya ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga. metode everyone is a teacher here dapat melatih dan menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode everyone is a teacher here; Kemampuan berpikir kritis; Mata pelajaran IPS
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Dec 2021 10:13
Last Modified: 10 Dec 2021 10:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14466

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics