Eskatologi dalam pandangan positivisme

Yuniati, Syafirul (2021) Eskatologi dalam pandangan positivisme. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1704016066_SYAFIRUL YUNIATI_SKRIPSI LENGKAP] Text (1704016066_SYAFIRUL YUNIATI_SKRIPSI LENGKAP)
1704016066_Syafirul Yuniati_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (966kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Eskatologi dalam Pandangan Positivisme. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pandangan positivisme tentang eskatologi (2) untuk mengetahui perspektif Islam terkait dengan eskatologi ala positivisme. Eskatologi merupakan suatu doktrin yang wajib diimani bagi setiap muslim. Sedangkan positivisme merupakan sebuah aliran yang mana yang faktual adalah yang benar.
Penelitian ini menggunakan metodologi pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Library Research atau studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data dengan cara dokumentasi yakni mengumpulkan seluruh data dan informasi yang berkaitan dengan penelitian skripsi ini. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif untuk mengkaji dan kemudian dianalisis dan disimpulkan.
Hasil penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa (1) Eskatologi merupakan suatu gambaran dari akhir dari segala perkara yang meliputi tentang kematian, hari kiamat, hari kebangkitan kembali, hari penghakiman, keabadian jiwa, dan kehidupan yang hakiki selanjutnya dan eskatologi ini termasuk dalam cakupan metafisika yang mana tidak dapat dilihat atau tidak nampak dan sulit dijangkau oleh akal pikiran kita karena keterbatasan rasio. Terdapat bukti-bukti eskatologi yang diterima oleh akal yaitu Near Death Experience (NDE), yakni orang yang dinyatakan telah meninggal, tetapi tak lama kemudian ia hidup dan sadar kembali. Dan ini menjadikan kaum positivisme sementara menerima keberadaan eskatologi dengan bukti-bukti yang ada walaupun bukti tersebut tidak bisa dijelaskan secara ilmiah. Mereka tidak mengingkari dan sementara masih menerima adanya hal tersebut, akan tetapi mereka memandang eskatologi ini merupakan suatu yang tidak bermakna dan tidak menyatakan sesuatu sama sekali. (2) Secara tidak langsung umat muslim di abad modern seperti sekarang ini tidak lepas dari keilmuan-kelimuan yang dicetuskan oleh para pemikir Barat. Bahkan Islam sekarang ini menggunakan nalar positivistik. Sebagai contohnya yaitu Muhammad Abduh. Muhammad Abduh yang menggunakan nuansa positivistik yang mana ia membuat spekulasi tersendiri yang lebih bersifat nyata agar deskripsi dari informasi-informasi yang diberitakan oleh ayat-ayat al-Qur’an dapat lebih diterima logika kebanyakan manusia. Muhammad Abduh ini memanfaatkan pendekatan kebahasaan untuk membuka ruang yang lebih lebar agar Muhammad Abduh bisa lebih leluasa menarik beberapa fenomena-fenomea bersifat empiris yang sarat dengan nilai dan fakta-fakta ilmiah untuk dijadikan penafsiran dari realitas yang diinformasikan oleh ayat-ayat al-Qur’an. M. Quraish Shihab juga menilai bahwa Muhammad Abduh ini lebih bersikap untuk tidak menafsirkan ayat-ayat yang berada diluar jangkauan akal, dan tidak pula ayat-ayat yang samara tau tak rinci oleh al-Qur’an. Dalam pandangan M. Quraish Shihab, menurutnya walaupun akal manusia sangat intelektual akan tetapi akal manusia tak bisa menafsirkan segala sesuatu terutama immateri (alam metafisika).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Eskatologi; Positivisme Barat; Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.23 Eschatology in Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 10 Dec 2021 10:35
Last Modified: 10 Dec 2021 10:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14471

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics