Analisis pengaruh persepsi kemudahan, keamanan dan tingkat kepercayaan terhadap minat nasabah bank BSI KCP Purwodadi dalam menggunakan layanan e-banking

Febrianti, Dziana Naafi' (2021) Analisis pengaruh persepsi kemudahan, keamanan dan tingkat kepercayaan terhadap minat nasabah bank BSI KCP Purwodadi dalam menggunakan layanan e-banking. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705036118_DZIANA_NAAFI_FEBRIANTI_Lengkap] Text (SKRIPSI_1705036118_DZIANA_NAAFI_FEBRIANTI_Lengkap)
1705036118_Dziana Naafi F_Full Skripsi - dziana naafi febrianti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pada saat ini perkembangan teknologi sangatlah berkembang pesat seiring dengan adanya perubahan zaman, baik itu teknologi informasi maupun teknologi komunikasi. Saat ini dunia perbankan sedang berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan agar lebih mudah dan cepat diakses bagi para penggunanya. Salah satu target perbankan dalam kemajuan Teknologi Informasi yaitu kemudahan dalam sistem pembayarannya. Dengan memanfaatkan adanya internet, perkembangan sistem pembayaran menjadi lebih efiktif dan efisien karena dapat menghemat waktu. Salah satu pelayanan yang dimiliki oleh perbankan yaitu E-banking (Electronic Banking). Oleh karena itu penelitian yang dilakukan mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan,keamanan, dan kepercayaan terhadap minat nasabah Bank BSI KCP Purwodadi dalam menggunakan layanan E-banking.
Penulis melakukan penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data primer dikumpulkan dari informan dengan menggunakan kuisioner. Populasi yang diambil dari penelitian ini berasal dari nasabah Bank BSI KCP Purwodadi yang minimal pernah menggunakan layanan berupa ATM, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Banking dan Phone Banking. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Accidental sampling dan Purposive sampling. Jumlah sampel yang dijadikan sampel sebanyak 100 orang responden nasabah Bank BSI KCP Purwodadi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel Persepsi Kemudahan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat nasabah Bank BSI KCP Purwodadi dalam menggunakan layanan e-banking. Sedangkan variabel keamanan dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah Bank BSI KCP Purwodadi dalam menggunakan layanan e-banking.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemudahan; Keamanan; Kepercayaan; E-banking
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 15 Dec 2021 01:45
Last Modified: 15 Dec 2021 01:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14472

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics