Pengaruh persepsi, preferensi dan sikap masyarakat muslim terhadap keputusan pembelian jasa perbankan syariah: studi kasus di Bank Syariah Indonesia KCP Demak

Muabidin, Muabidin (2021) Pengaruh persepsi, preferensi dan sikap masyarakat muslim terhadap keputusan pembelian jasa perbankan syariah: studi kasus di Bank Syariah Indonesia KCP Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705036098_MUABIDIN_Lengkap] Text (SKRIPSI_1705036098_MUABIDIN_Lengkap)
1705036098_Muabidin_Full Skripsi - Muabidin abidin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Munculnya perbankan syariah di Indonesia merupakan suatu perwujudan dari permintaan masyarakat yang membutuhkan suatu sistem perbankan selain perbankan konvensional yang menawarkan jasa keuangan yang berprinsip syariah. Masyarakat yang berasal dari berbagai macam memilih bank syariah karena bank syariah beroperasi secara sehat serta mampu menjadi penopang ekonomi yang kuat. Bank konvensional dan bank syariah keduanya memiliki fungsi yang sama sebagai lembaga intermediasi dan menjadi jalur transaksi keuangan, namun keduanya memiliki karakteristik yang berbeda sehingga dapat mempengaruhi perilaku calon nasabah dalam menentukan pilihan bank seperti apa yang akan mereka gunakan.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh persepsi preferensi dan sikap masyarakat muslim terhadap keputusan pembelian jasa perbankan syariah. Objek penelitian ini adalah nasabah bank syariah indonesia KCP Demak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model regresi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model regresi linier berganda dengan program SPSS. Metode sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Jumlah responden yang di jadikan sampel yaitu sebanyak 100 sampel responden masyarakat muslim yang merupakan nasabah bank syariah indonesia KCP Demak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi dan variabel preferensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian jasa perbankan syariah di bank syariah Indonesia KCP Demak. Sedangkan variabel sikap tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian jasa perbankan syariah di bank syariah Indonesia KCP Demak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keputusan pembelian; Preferensi; Sikap; Persepsi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 15 Dec 2021 10:37
Last Modified: 15 Dec 2021 10:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14474

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics