Pengaruh persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah pada mobile banking BSI (Bank Syariah Indonesia) studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang

Lestari, Ranti Dwi (2021) Pengaruh persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah pada mobile banking BSI (Bank Syariah Indonesia) studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705036097_Ranti Dwi Lestari_Lengkap] Text (Skripsi_1705036097_Ranti Dwi Lestari_Lengkap)
1705036097_RANTI DWI LESTARI_LENGKAP TUGAS AKHIR - Ranti DL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Mobile banking memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan melalui smartphone atau ponsel secara praktis dan mudah. Tujuan Penelitian ini untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh variabel persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas menggunakan mobile banking BSI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Objek penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam tahun ajaran 2017, 2018, 2019, dan 2020. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu melalui kusioner atau angket dengan menggunakan skala pengukuran yaitu skala likert. Penelitan ini menggunakan sampel sebanyak 95 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan bantuan program SPSS versi22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas menggunakan mobile banking BSI. Hasil ini dibuktikan dengan hasil uji F-test yang menunjukkan hasil F-hitung lebih besar dari F-tabel dengan nilai F-tabel sebesar 34,550 > 2,704 dan nilai probabilitas value 0,000 < 0,05. Menurut uji t, persepsi kemudahan penggunaan tidak berpengaruh secara signifikan dan negatif terhadap loyalitas menggunakan mobile banking BSI. Hal ini dibuktikan pada uji t, t-tabel lebih besar dari pada t-hitung sebesar 0,888 dan nilai signifikansi 0,377 > 0,05. Sedangkan persepsi kemanfaatan, kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap loyalitas menggunakan mobile banking BSI. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 3,016 dengan nilai signifikasi 0,003 yang nilainya dibawah < 0,05, dan nilai t hitung sebesar 3,243 dengan nilai signifikan 0,002 yag nilainya dibawah < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi kemudahan; Persepsi kemanfaatan; Kualitas layanan mobile banking; Loyalitas
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 15 Dec 2021 10:36
Last Modified: 15 Dec 2021 10:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14477

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics