Peran kepala sekolah dalam meningkatkan standar kompetensi lulusan

Nurhalimah, Siti (2021) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan standar kompetensi lulusan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703036021_Siti Nurhalimah_Lengkap] Text (Skripsi_1703036021_Siti Nurhalimah_Lengkap)
1703036021_Siti Nurhalimah_Lengkap Tugas Akhir - Siti Nurhalimah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kepala madrasah adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab besar dalam meningkatkan standar kompetensi lulusan. Kepala madrasah adalah pemegang kendali suatu lembaga sudah semestinya kepala madrasah memberikan kontribusi penuh terhadap madarasah. Oleh sebab itu peran kepala sekolah sangat penting dalam meningkatkan standar kompetensi lulusan. Apabila standar kompetensi lulusan baik maka madrasah akan menciptkan lulusan yang berkualitas pula.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran kepala madrasah dalam meningkatkan standar kompetensi lulusan di MTs Anwarul Qur'an Mranggen.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tekhnik yang digunakan pada penelitian yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data yang telah diperoleh dianaisi dengan cara: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa di MTs Anwarul Qur'an masih terdapat permasalahan-permasalahan terkait kompetensi lulusan seperti nilai siswa rendah, prestasi siswa menurun, bakat siswa tidak terasah, dan kinerja guru rendah, hal ini menjadikan perlunya peningkatan standar kompetensi lulusan di MTs Anwarul Qur'an. Dalam peningkatan standar kompetensi lulusan tersebut terdapat peran kepala madrasah yaitu sebagai educator, manager, supervisor, dan pemimpin. Yang diharapkan ke empat peran tersebut dapat memberikan perubahan pada kualitas standar kompetensi lulusan di MTs Anwarul Qur'an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepala madrasah; Standar kompetensi lulusan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Dec 2021 11:41
Last Modified: 26 Oct 2022 09:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14484

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics