Strategi pemasaran pondok pesantren Roudhotul Quran Kemranjen Banyumas di era digital

Taqiyah, Fuziya Baratu (2021) Strategi pemasaran pondok pesantren Roudhotul Quran Kemranjen Banyumas di era digital. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703036046_Fuziya Baratu Taqiyah_Lengkap] Text (Skripsi_1703036046_Fuziya Baratu Taqiyah_Lengkap)
MPI_1703036046_FuziyaBaratuTaqiyah_FullSkripsi - Fuziya Baratu(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kajian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh banyaknya lembaga pendidikan islam yang bermunculan sehingga persaingan semakin ketat dengan menunjukan keunggulannya. Tujuan penelitianini untuk mengetahui permasalahan (1) Bagaimana pemasaran yang dilakukan di era digital, (2) Bagaimana strategi pondok pesantren dalam meningkatkan jumlah santri, (3) Apa hambatan dan pendukung dalam pemasaran di era digital. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif melalui study lapangan yang dilakukan di Pondok Pesantren Roudhotul Quran Kemranjen Banyumas. Adapun perolehan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Strategi pemasaran yang dilakukan menggunakan bauran pemasaran meliputi produk tahfidz, khitobah, dan pembelajaran kitab kuning, harga yang ditawarkan murah dan tidak membedakan, tempat yang disediakan nyaman dan sesuai dengan harga, promosi melalui brosur dan media sosial. (2) Faktor pendukung dalam pemasaran meliputi adanya produk tahfid, harga yang murah, tempat yang mudah dijangkau, dan promosi melalui media sosial. Hambatan yang dilalui produk output yang kurang setiap tahunnya, harga tidak sesuai dengan fasilitas, tempat ada di beberapa titik masih kotor, dan promosi menggunakan brosur semakin menurun sehingga mengalami kerugian dana.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Pondok pesantren; Era digital
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Dec 2021 01:36
Last Modified: 26 Oct 2022 09:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14491

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics