Pendidikan Agama Islam dalam keluarga pernikahan usia muda (studi kasus di Desa Kediten Kecamatan Plantungan Kabupaten Kendal)

Rozi, Fahru (2021) Pendidikan Agama Islam dalam keluarga pernikahan usia muda (studi kasus di Desa Kediten Kecamatan Plantungan Kabupaten Kendal). Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of 1503016121_Fahru Rozi_Full Skripsi - fahru rozi.pdf] Text
1503016121_Fahru Rozi_Full Skripsi - fahru rozi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Desa Kediten merupakan salah satu desa di Kecamatan Plantungan yang letaknya di daerah pegunungan di lereng Utara gunung prahu, salah satu gunung di dataran tinggi Dieng, yang jauh dari perkotaan. Karena itulah kebudayaan dan pergaulan yang dari luar tidak begitu mempengaruhi lingkungan di desa tersebut. Sehingga orang tua tidak kesulitan mengarahkan anak-anaknya untuk selalu konsisten terhadap sikap keagamaanya. Banyak warga disana yang melakukan pernikahan di usianya yang masih muda dan tak jarang juga para keluarga mengalami kegagalan dalam mendidik keluarganya. Banyaknya kasus kegagalan dalam mendidik anak dan keluarga antara lain disebabkan karena dinilai kurang berpendidikan, kedewasaan, dan kemampuan melaksanakan tanggung jawab dalam sebuah keluarga. Mengingat besarnya tanggung jawab yang dijalani oleh kedua calon mempelai. Hal ini juga berakibat pada keturunan yang dihasilkan dalam sebuah perkawinan tersebut, dikarenakan kurangnya kematangan jiwa kedua calon mempelai ditinjau dari segi psikis yang tidak optimal.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peran dan model pendidikan agama Islam pada keluarga pernikahan usia muda di Desa Kediten Kecamatan Plantungan Kabupaten Kendal dengan menggunakan metode penelitian Kualitatif dan menggunakan sumber data primer dan sekunder.
Hasil dari penelitian ini adalah peran pendidikan agama Islam dalam keluarga pernikahan usia muda yang dilakukan di desa Kediten Kecamatan Plantungan Kabupaten Kendal adalah masih minim dilakukan. Hal ini dikarenakan pendidikan mereka yang mayoritas rendah sehingga dalam hal pendidikan agama Islam para pelaku pernikahan usia muda hanya didapat anak dalam pendidikan formal saja. Namun sebagai orang tua anak, para pelaku pernikahan usia muda sudah menjalankan perannya sebagai keluarga tempat pendidikan pertama bagi anak. Model pendidikan agama Islam pada keluarga pernikahan usia muda di Desa Kediten Kecamatan Plantungan Kabupaten Kendal adalah percakapan, keteladanan, nasihat, dan hukuman. Dalam melatih percakapan kepada anak, para oarang tua melatih dan mengajari anak-anaknya tentang bahasa yang santun. Mereka mengajarkan kepada anak-anaknya untuk berbicara menggunakan bahasa yang baik kepada yang lebih tua. Pendidikan dalam teladan yang dilakukan oleh keluarga pernikahan usia dini di desa Kediten ini masih sangat kurang sekali yang seharusnya anak dididik dengan bagaimana cara berbicara, berbuat, bersikap, mengerjakan sesuatu dan cara mengetahui sesuatu yang baik. Namun, dilihat dari kenyataannya para orang tua belum sepenuhnya bisa memberikan teladan kepada anak-anaknya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pendidikan; Pendidikan Agama Islam; Pernikahan usia muda
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Dec 2021 01:51
Last Modified: 11 Dec 2021 01:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14495

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics