Analisis pengaruh pembiayaan sektor ekonomi Bank Umum Syariah (BUS) terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Jawa Tengah tahun 2013-2020

Parkuntari, Agistri (2021) Analisis pengaruh pembiayaan sektor ekonomi Bank Umum Syariah (BUS) terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Jawa Tengah tahun 2013-2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705036026_AGISTRI_PARKUNTARI] Text (SKRIPSI_1705036026_AGISTRI_PARKUNTARI)
REVISI FIX SKRIPSI lengkap AGIS - 4 Agistri Parkuntari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto di Provinsi Jawa Tengah masih belum menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, disisi lain penyaluran pembiayaan untuk mendorong industri yang disediakan oleh bank umum syariah menunjukkan instabilitas pada beberapa sektor ekonomi selama periode pengamatan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pembiayaan pada sektor ekonomi yaitu sektor Agriculture, Hunting and Foresty (Pertanian, Perburuan dan Kehutanan) serta sektor Mining (Pertambangan dan Penggalian) terhadap Produk Domestik Regional Bruto Provinsi Jawa Tengah selama tahun 2013-2020. Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi besar di Indonesia dengan berbagai macam kekayaan alam, budaya dan potensi ekonomi yang berlimpah. Teknis analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiayaan sektor Agriculture, Hunting and Foresty (Pertanian, Perburuan dan Kehutanan) berpengaruh positif signifikan terhadap PDRB, pembiayaan sektor Mining (Pertambangan dan Penggalian) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap PDRB. Untuk itu diperlukan alokasi pembiayaan pada sektor unggulan di provinsi serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam sektor pertambangan dan penggalian di Provinsi Jawa Tengah agar penyaluran lebih tepat dan lebih optimal di Provinsi Jawa Tengah serta dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan sektor pertanian; Perburuan; Kehutanan; Pembiayaan sektor pertambangan dan penggalian; Produk Domestik Regional Bruto (PDRB)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 20 Dec 2021 01:13
Last Modified: 20 Dec 2021 01:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14500

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics