Pengaruh hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak dengan kejujuran siswa kelas VIII MTS N 1 Demak

Amalina, Indraswari Ikhlasul (2021) Pengaruh hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak dengan kejujuran siswa kelas VIII MTS N 1 Demak. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1603016138_Indraswari Ikhlasul Amalina_Lengkap] Text (Skripsi_1603016138_Indraswari Ikhlasul Amalina_Lengkap)
1603016138_Indraswari Ikhlasul Amalina_Full Skripsi - Indraswari Ikhlasul Amalina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak dengan Kejujuran Siswa kelas VIII MTs N 1 Demak. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh serta presentase kontribusi yang diberikan antara hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak dengan kejujuran siswa kelas VIII MTs N 1 Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif (quantitative research). Teknik sample yang digunakan yaitu probably sampling dengan simpel random sampling dengan jumlah responden sabanyak 162 siswa. Kemudian sumber data yang diambil yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Menggunakan pengumpulan data dengan metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi.
Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian, hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak memiliki nilai rata-rata 10, 52 dan masuk dalam kategori “cukup” dalam interval 8,81 – 12,22. Kejujuran siswa memiliki nilai rata-rata 61,15 dan masuk dalam kategori “cukup” dalam interval 56,94 – 63,35. Berdasarkan perhitungan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak dengan nilai statistic 0,068 dan Sig. 0,062, kejujuran siswa dengan nilai statistic 0,065 dan Sig. 0,088, sehingga kedua variabel diperoleh nilai signifikansi > 0,05 berdistribusi normal. Kemudian terdapat hubungan yang linier antara variabel X dan Y dengan hasil signifikansi Deviation from liniarity diperoleh 0,430 > 0,05. Kemudian hasil hipotesis diketahui dari persamaan garis regresi Y=a+bX adalah Y= 41,688 + 1,850X, diperoleh F = 207,066 dengan nilai sig. Sebesar 0,000 < 0,05 . Karena F_tabel = 3,90 pada taraf signifikansi 5% dan F_hitung= 207,066 berarti F_hitung>F_tabel, maka hipotesis pengaruh dinyatakan signifikan.
Hasil analisis, pengaruh dua variabel yaitu Hasil belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak dengan Kejujuran Siswa Kelas VIII MTs N 1 Demak diperoleh dari perhitungan r_x diperoleh hasil r_hitung= 0,751 yang lebih besari dari r_tabel= 0,154 yang artinya ada pengaruh yang positif antara kedua variabel. Dan diperoleh t_hitung = 14,390 lebih besar dari t_tabel 5% = 1,654 maka variabel X dan variabel Y memiliki pengaruh dan signifikan. Kemudian diketahui besarnya pengaruh Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak dengan Kejujuran siswa melalui koefisien determinasi R Square / r^2= 0,564. Jadi pengaruh variabel bebas (hasil belajar) terhadap variabel terikat (kejuran siswa) sebesar 56,4% sisanya 43,6% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kedua variabel sebesar 0,751 yang termasuk dalam kategori pengaruh yang “kuat”, sehingga H_a diterima dan H_o ditolak

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Akidah Akhlak; Kejujuran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Dec 2021 02:16
Last Modified: 11 Dec 2021 02:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14506

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics