Konten Hadis dalam lirik lagu-lagu Sulis

Hakim, Lukman (2020) Konten Hadis dalam lirik lagu-lagu Sulis. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1404026095_Lukman_Hakim] Text (SKRIPSI_1404026095_Lukman_Hakim)
1404026095_Lukman Hakim_Full Skripsi - Glagah Wangi Channel.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul ”Konten Hadis dalam Lirik Lagu-lagu Sulis” ini bertujuan untuk mengetahui konten hadis yang ada didalam sebuah lirik lagu yang dibawakan oleh Sulis, serta penjelasan hadis tersebut oleh para ahli dan korelasinya dengan ilmu dakwah dengan media musik saat ini.
Tidak dapat dipungkiri bahwa lagu merupakan salah satu bentuk kesenian yang popular di Indonesia bahkan luar negeri, dimana salah satu seni suara ini banyak sekali mempengaruhi kebudayaan di Indonesia sendiri. Music atau lagu memiliki andil yang besar di setiap inci kehidupan manusia, baik dari segi motivasi, industry, terapi, agama, dan lain-lain. Pengaruh musik dalam kehidupan manusia sangat nyata terasa, dengan kata lain musik dapat memberikan dampak yang positif ataupun negatif sesuai dengan pembawaannya atau bagaiamana musik itu disajikan. Dalam dunia islam, musik muncul sebagai corak kebudayaan masyarakat, seperti Hadrah, Rebana, Qasidah dan Nasyidariah, sebagai contoh seni musik yang dapat diterima oleh masyarakat kalangan luas. Semakin berkembangnya zaman tuntutan dalam berbagai hal mulai naik, itu dikarenakan tingkat kemampuan manusia dalam mengakses berita ataupun data semakin mudah. Begitu pula dengan musik, yang dulu di Indonesi lagu-lagu yang bertemakan religi hanya menggunakan alat musik yang masih tradisional seperti terbangan, gambus dan lain-lain. Dan pada tahun 2000’an muncul genre musik baru yaitu religi modern yang dibawakan Sulis yang mengisi seni musik di zaman yang modern. Maka dari itu konsep dibidang musik sangat luas penulis hanya akan membatasi tentang lagu-lagu yang dibawakan oleh Sulis, yang dinyanyikan secara solo.
Jenis penelitian ini adalah Library Research yaitu metode pustaka, sedangkan dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode dokumentasi yang berupa buku-buku, majalah, ataupun literature lain yang setema dengan penelitian yang kan dibahas. Setelah data terkumpul kemudian data dianalisis menggunakan pendekatan Kualitatif, Ilmu Hadis yakni dengan menggali informasi konten-konten yang terdapat di dalam lirik lagu kemudian menjelaskan isi atau kandungan lirik lagu dan hadis tersebut, serta pesan dakwah yang bisa dimabil melalui kajian tersebut.
Dari penelitian yang dilakukan, kemudian ditemukan point-point sebagai berikut,yang pertama lagu yang dibawakan Sulis adalah jenis lagu religi, dimana lagu-lagu tersebut memberikan pesan-pesan dakwah kepada pendengar melalui lirik-liriknya, sedangakan lirik lagu yang dibawakan Sulis, yang kedua telah diteliti penulis dan dapat diambil kesimpulan bahwa lirik-lirik lagu tersebut memang benar ada korelasinya dengan hadis Rasulullah SAW dengan menggali informasi-informasi pada lirik lagunya, dengan berbagai tema hadis yang bebeda sesuai dengan lagu yang diteliti. Yang ketiga adalah dengan meneliti konten di dalam lirik lagunya penulis dapat mengetahui pesan-pesan apa yang ingin Sulis sampaikan melalui lagu-lagunya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hadis; Sulis; lagu religi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.125 Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 11 Dec 2021 02:41
Last Modified: 11 Dec 2021 02:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14514

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics