Bimbingan dan penyuluhan Islam pada masyarakat : studi aktivitas penyuluh agama Islam di Majlis Taklim Kecamatan Semarang Tengah

Mustofa, Ali (2020) Bimbingan dan penyuluhan Islam pada masyarakat : studi aktivitas penyuluh agama Islam di Majlis Taklim Kecamatan Semarang Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501016123_Ali_Mustofa] Text (SKRIPSI_1501016123_Ali_Mustofa)
SKRIPSI_1501016123_Ali_Mustofa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bimbingan dan penyuluhan Islam pada masyarakat oleh penyuluh agama Islam di Kecamtan Semarang Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan Islam pada masyarakat oleh penyuluh agama Islam di Kecamatan Semarang Tengah.
Penelitian ini menggunkan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian adalah penyuluh yang berperan dalam bimbingan serta para jamaah majlis taklim, sumber data sekunder pada penelitian ini adalah, website resmi Kecamatan Semarang Tengah, buku-buku panduan penyuluh agama Islam, dokumentasi bimbingan dan Penyuluhan Islam serta dokumen atau arsip kegiatan lainnya yang berkaitan dengan penelitian.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data melalui tiga tahap model yaitu reduksi data, penyajian data, dan conclusion drawing.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan: pertama, Bimbingan dan penyuluhan Islam pada masyarakat Kecamatan Semarang Tengah dilaksanakan pada majlis taklim al-fadhilah di Kelurahan Pekunden setiap hari kamis pukul 19.30 WIB, majlis taklim Al- Istiqomah di Kelurahan Pekunden setiap pukul 16.00, kemudian majlis taklim Thoriqot Ta’lim di Kelurahan Gabahan setiap hari rabu pukul 18.30 WIB, majlis taklim muslimat Pandansari setiap hari sabtu pukul 16.00 WIB, dan majlis taklim At-Taqwa di Kelurahan Purwodinatan setiap hari rabu pukul 13.00 WIB, majlis taklim Al Falah di Kelurahan Jagalan setiap hari sabtu pukul 19.30 WIB. Kegiatan ini memanfaatkan masjid sebagai tempat pelaksanaan kegiatan tausiyah kepada majlis taklim. Tujuan dari bimbingan agama Islam ini adalah untuk meningkatkan kualitas keilmuan bagi jamaah serta membekali jamaah dengan dasar-dasar ilmu agama Islam guna menjalani kehidupan sesuai dengan syariat Allah. Metode yang digunakan adalah metode langsung atau face to face yaitu metode Mauidzhoh Al-hasanah, Al-hikmah dan Mujaadalah Al-ahsan. Adapun materi yang diberikan bersumber dari Al- Quran dan Hadist yang didalamnya termuat materi tentang Aqidah yaitu masalah-masalah yang berkaitan dengan keyakinan (keimanan), baik mengenai iman kepada Allah, iman kepada kitab-kitab Allah, iman kepada Malaikat, iman kepada Rasul, iman kepada hari akhir dan iman kepada qodlo dan qodar. Materi Akhlak adalah sesuatu perilaku yang menggambarkan seseorang yang terdapat dalam jiwa yang baik, yang darinya keluar perbuatan yang mudah dan otomatis tanpa berfikir sebelumnya atau pedoman norma-norma kesopanan dalam pergaulan hidup sehari-hari. Materi Syariah yaitu hukum-hukum atau aturan yang ditetapkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan sesama manusia, dengan alam semesta dan dengan makhluk ciptaan lainnya. erta pemberian penjelasan tentang kisah-kisah para sahabat guna memudahkan jamaah dalam menangkap serta memahami materi yang disampaikan. Kedua, bimbingan dan penyuluhan Islam pada masyarakat oleh penyuluh agama Islam di Kecamatan Semarng Tengah memberikan Manfaat 2 layanan yaitu layanan informatif edukatif, layanan dan layanan konsultatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan penyuluhan Islam; Penyuluh agama Islam; Jamaah Majlis Taklim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 20 Dec 2021 22:06
Last Modified: 20 Dec 2021 22:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14516

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics