Praktik pembacaan Qalbul Qur’an di Pondok Pesantren Al-Hadi Girikusuma Banyumeneng Mranggen Demak

Alimah, Nur (2020) Praktik pembacaan Qalbul Qur’an di Pondok Pesantren Al-Hadi Girikusuma Banyumeneng Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1404026108_Nur_Alimah] Text (SKRIPSI_1404026108_Nur_Alimah)
1404026108_Nur Alimah_FULL SKRIPSI-1 - noor aleemah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab suci yang menjadi dasar dan pedoman dalam menjalani kehidupan mereka. Dalam kehidupan sehari-hari mereka umumnya telah melakukan praktik resepsi terhadap Al-Qur’an, baik dalam bentuk membaca, memahami dan mengamalkan, maupun dalam bentuk resepsi sosio-kultural. Itu semua karena mereka mempunyai belief (keyakinan) bahwa berinteraksi dengan Al-Qur’an secara maksimal akan memperoleh kebahagiaan dunia akhirat.
Fenomena interaksi atau model “pembacaan” masyarakat muslim terhadap Al-Qur’an dalam ruang-ruang sosial ternyata sangat dinamis dan variatif. Sebagai bentuk resepsi sosio-kultural, apresiasi dan respon umat Islam terhadap Al-Qur’an memang sangat dipengaruhi oleh cara berpikir, kognisi sosial, dan konteks yang mengitari kehidupan mereka. Berbagai bentuk dan model praktik resepsi dan respon masyarakat dalam memperlakukan dan berinteraksi dengan Al-Qur’an itulah yang disebut dengan living Qur’an (Al-Qur’an yang hidup) atau Al-Qur’an in everyday life di tengah kehidupan masyarakat. Seperti halnya Pondok Pesantren Al-Hadi Girikusuma Banyumeneng Mranggen Demak sebagai salah satu lembaga pondok pesantren yang memiliki praktik resepsi dalam memfungsikan dan berinteraksi dengan Al-Qur’an dengan adanya praktik pembacaan Qalbul Qur’an yang difungsikan sebagai bentuk wirid untuk mendapatkan keberkahan atas amalan Qalbul Qur’an.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif (field research) yang bertujuan untuk mengetahui apa yang melatarbelakangi adanya praktik pembacaan Qalbul Qur’an dan bagaimana praktik dan fungsi pembacaan Qalbul Qur’an di Pondok Pesantren Al-Hadi. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengasuh dan para santri Pondok Pesantren Al-Hadi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan metode analisis yang digunakan adalah analisis interaktif, dalam analisis ini meliputi tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini yaitu, Pertama, latar belakang praktik pembacaan Qalbul Qur’an di Pondok Pesantren Al-Hadi adalah sebagai bentuk wirid yang diyakini memiliki keberkahan luar biasa dalam mengamalkan Qalbul Qur’an. Kedua, praktik pembacaan Qalbul Qur’an di Pondok Pesantren Al-Hadi dilaksanakan setiap satu minggu sekali pada hari rabu setelah melakukan shalat Ashar berjama’ah oleh para santri. Dan praktikpembacaan Qalbul Qur’an di Pondok Pesantren Al-Hadi difungsikan sebagai wirid untuk mendapat keberkahan. Selain itu agar mendapatkan ketenangan hati dan pikiran, terpenuhi hajat yang diharapkan, do’a yang terkabul dan mendapat kemuliaan. Sehingga resepsi yang ada di Pondok Pesantren Al-Hadi ini termasuk model resepsi fungsional sebab Al-Qur’an direspon dengan membaca dan memfungsikannya dalam bentuk praktik Qalbul Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pesantren Al-Hadi Girikusuma; qolbul Qur'an; living Qur'an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 11 Dec 2021 03:04
Last Modified: 11 Dec 2021 03:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14528

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics