Pengaruh model pembelajaran TAI (teams assisted individualized) secara daring dalam materi termokimia terhadap keterampilan generik sains dan motivasi belajar siswa

Alfiyani, Tatik (2021) Pengaruh model pembelajaran TAI (teams assisted individualized) secara daring dalam materi termokimia terhadap keterampilan generik sains dan motivasi belajar siswa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708076048_Tatik Alfiyani_Lengkap] Text (Skripsi_1708076048_Tatik Alfiyani_Lengkap)
1708076048 TATIK ALFIYANI SKRIPSI LENGKAP - Tatik alfiyani(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Model Pembelajaran TAI (Teams Assisted Individualized) secara daring dalam Materi Termokimia terhadap Keterampilan Generik Sains dan Motivasi belajar siswa kelas XI IPA MAN Blora. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Pre-eksperimental. Metode yang digunakan adalah pra eksperimen dengan desain eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA MAN Blora. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 peserta didik kelas XI IPA 5, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran TAI (Teams Assisted Individualization) secara daring dapat mempengaruhi keterampilan generik sains dan motivasi belajar siswa kelas XI IPA 5. Dibuktikan dengan uji T paired test pada taraf signifikansi (sig) 0,05 atau 5 % didapatkan nilai sig 0,00. Peningkatan nilai pretest dan posttest menggunakan N-gain adalah 0,61 pada klasifikasi sedang dan persentasi hasil angket motivasi belajarssiswa menunjukkan tingkat 63% pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Teams assisted individualized; Generik sains; Motivasi belajar; Termokimia
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 23 Dec 2021 01:37
Last Modified: 23 Dec 2021 01:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14529

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics