Komodifikasi siwak dalam Hadis

Sholikhah, Nur Hidayatus (2020) Komodifikasi siwak dalam Hadis. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1404026109_Nur_Hidayatus_Sholikhah] Text (SKRIPSI_1404026109_Nur_Hidayatus_Sholikhah)
Nur Hidayatus.S._1404026109_FULL SKRIPSI - hidayah.fawaid 2527.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu pemikiran bahwa salah satu perbuatan Nabi yang masih menjadi teladan ummat yaitu menggosok gigi atau bersiwak.Ilmu pengetahuan modern telah membuktikan efektifitas kayu siwak dalam melindungi gigi dari faktor-faktor yang menyebabkan gigi rapuh dan keropos.Hal ini menguatkan kebenaran hadis Nabi yang menganjurkan selalu menjaga kebiasaan bersiwak.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan hadis dalam komodifikasi siwak pada zaman sekarang, dan pandangan masyarakat tentang komodifikasi siwak pada zaman sekarang.
Metode penelitianmenggunakan metode kualitatif denganjenis penelitian library research (penelitian kepustakaan).Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi atau studi documenter.Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan deskriptif analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan hadis dalam komodifikasi siwak pada zaman sekarang dapat dilihat dalam berbagai mass media, baik cetak maupun elektronik.Siwak dikembangkan di era sekarang dengan keluarnya produk pasta gigi dan cairan penyegar mulut atau listerin.Semua itu hadir karena manfaat dan kandungan yang ada pada batang siwak tersebut.Adanya komodifikasi siwak tidak masalah. Karena yang dilakukan masyarakat hanya untuk tetap mengikuti sunnah yang ada dan tetap berusaha melestarikan apa yang sudah ada pada masa Rasulullah SAW., dalam perjuangkan untuk umatnya dari zaman dahulu hingga zaman sekarang. Semua sudah berkembang dengan seiringnya waktu. Tetapi ketaatan kita kepada Rasulullah SAW harus tetap ada dan harus dilestarikan hingga masa depan yang akan datang.(2) Fenomena komodifikasi siwak jika dikaitkan dengan komodifikasi agama maka dapat disimpulkan sebagai berikut: pada era sekarang, fenomena siwak sudah diimplementasikan menjadi sebuah pasta gigi. Pasta gigi ini sudah menjadi salah satu kebutuhan sehari-hari bagi manusia.Kita semua sehari paling tidak menggunakan pasta gigi dua kali.Kebiasaan membersihkan gigi memang sudah ada sejak zaman dahulu, hanya saja pada zaman dulu masyarakat lebih memilih menggunakan kayu siwak karena kayu siwak salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat terutama dalam menjaga kesehatan mulut.Sekarang ini sudah ada satu produk pasta gigi yang menggunakan bahan tersebut, yaitu Sasha.Sasha Toothpaste sebagai produk halal dan menawarkan kandungan serpihan siwak asli yang memang diajarkan oleh Rasulullah SAW.dan juga sudah memiliki sertifikat halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hadis; komodifikasi; siwak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.125 Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 11 Dec 2021 03:27
Last Modified: 12 Feb 2022 04:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14531

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics