Pembentukan karakter cinta Al-Qur’an di Pondok Pesantren Ar-Rohmah Jerakah Semarang

Maknun, Lu'lum (2021) Pembentukan karakter cinta Al-Qur’an di Pondok Pesantren Ar-Rohmah Jerakah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1703016044_Lu_lum Maknun_Lengkap] Text (Skripsi_1703016044_Lu_lum Maknun_Lengkap)
1703016044_Lu_lum Maknun_Lengkap Tugas Akhir - Lu_luum Maknun.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Di zaman modern ini, globalisasi dapat menyebabkan sangat pesantnya perubahan budaya luar ke dalam budaya lokal. Untuk menangkalnya, lembaga pendidikan harus menanamkan nilai-nilai kearifan lokal kepada genenrasi bangsa serta dibutuhkan sistem pendidikan karakter yang memadai. Penelitian ini membahas tentang pendidikan karakter cinta Al-Qur’an di Pondok Pesantren Ar-Rohmah Jerakah Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembentukan karakter cinta Al-Qur’an pada santri di Pondok Pesantren Ar-Rohmah Jerakah Semarang.
Peneliti melakukan penelitian secara deskriptif kualitatif, sehingga hasil yang diperoleh berupa data yang terurai. Penelitian ini difokuskan pada pembentukan karakter cinta Al-Qur’an di Pondok Pesantren Ar-Rohmah Jerakah Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan jenis data yang digunakan adalah data primer dan skunder. Uji keabsahan data dilakukan dengan metode tringulasi, baik tringuasi data, tringuasi sumber, maupun tringuasi teori. Analisis data dilakukan dengan reduksi data display data dan pengambilan kesimpulan.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter cinta Al-Qur’an di Pondok Pesantren Ar-Rohmah Jerakah Semarang dilaksanakan dengan metode pembiasaan dan ceramah yang didukung dengan kegiatan rutin tadarusan dan kajian tafsir Al-Qur’an. Kegiatan rutin ini dilaksanakan supaya santri dapat membaca Al-Qur’an dengan tajwid yang benar, memahami isi kandungan Al-Qur’an dan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter; Cinta Al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1221 Origin and Authenticity
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Dec 2021 03:14
Last Modified: 11 Dec 2021 03:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14532

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics