Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membina kecerdasan spiritual peserta didik di MTs Nurul Ulum Tanjunganyar Demak

Utari, Via (2021) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membina kecerdasan spiritual peserta didik di MTs Nurul Ulum Tanjunganyar Demak. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1703016046_Via Utari_Lengkap] Text (Skripsi_1703016046_Via Utari_Lengkap)
1703016046_Via Utari_Lengkap Tugas Akhir - Via Utari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi dunia pendidikan yang terlanjur memuja rasionalitas serta mencampakan spiritualitas sebagai hal yang tidak masuk akal. Sehingga lahirlah lulusan-lulusan yang terampil di berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi tetapi kering dari nilai-nilai spiritual yang menjadi misi utama pendidikan. Terlihat dari cukup banyak orang yang berpendidikan tetapi tidak mampu mengambil keputusan secara bijak dan arif. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana pembinaan kecerdasan spiritual peserta didik khususnya siswa madrasah yang sarat akan pendidikan agama, agar peserta didik mampu menjadi individu berkualitas baik intelektual maupun spiritualnya.
Permasalahan dalam penelitian yaitu bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membina kecerdasan spiritual peserta didik, serta faktor apa saja yang mendukung dan menghambat jalannya pembinaan tersebut. Guru PAI dipilih karena memiliki peran sentral dalam menyelenggarakan pendidikan agama di sekolah. Penelitiann ini bertujuan untuk mengetahui proses pembinaan kecerdasan spiritual peserta didik di MTs Nurul Ulum Tanjunganyar Demak. Diharapkan dari penelitian ini bisa memberikan manfaat bagi pendidikan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi, meliputi triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan di MTs Nurul Ulum Tanjunganyar Demak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pembinaan kecerdasan spiritual di MTs Nurul Ulum Tanjunganyar Demak sudah berjalan dengan baik. Akan tetapi di masa belajar daring seperti sekarang guru mengalami kesulitan dalam membina kecerdasan spiritual dikarenakan terbatasnya interaksi dengan peserta didik. Kendatipun demikian guru PAI tetap mengupayakan agar pembinaan kecerdasan spiritual pada peserta didik tetap berjalan, dengan cara melakukan kerjasama dengan orang tua. Untuk itu diharapkan agar para orang tua berpartisipasi aktif dalam menbina spiritualitas peserta didik ketika di rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Guru PAI; Pembinaan; Kecerdasan spiritual
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Dec 2021 03:55
Last Modified: 11 Dec 2021 03:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14535

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics