Proses pelaksanaan akad musyarakah pada pembiayaan usaha tambak di PT. BPR Syariah Artha Mas Abadi Pati

Pratama, Delta Kumala (2020) Proses pelaksanaan akad musyarakah pada pembiayaan usaha tambak di PT. BPR Syariah Artha Mas Abadi Pati. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TUGAS_AKHIR_1705015003_DELTA_KUAMALA_PRATAMA] Text (TUGAS_AKHIR_1705015003_DELTA_KUAMALA_PRATAMA)
TUGAS_AKHIR_1705015003_DELTA_KUMALA_PRATAMA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

PT. BPRS Artha Mas Abadi merupakan salah satu bank pembiayaan rakyat yang berbasis syariah yang berada dikota Pati. Masyarakat setempat juga banyak yang mengandalkan PT. BPRS Artha Mas Abadi untuk menambah modal dana usaha yang baru saja akan didirikan. Dengan dijadikannya lembaga yang dipercaya oleh masyarakat setempat PT. BPRS Artha Mas Abadi memiliki produk yang beragam yang dapat dipilih oleh nasabah. Produk yang paling banyak diminati oleh nasabah yaitu produk iB Musyarakah. Musyarakah banyak digunakan oleh masyarakat yang memiliki usaha peternakan, perikanan perkebunan ataupun konstruksi. Dalam pembiayaan iB Musyarakah sendiri terdapat jangka waktu yang bisa dipilih oleh calon nasabah yaitu 4, 5 dan 6 bulan. Agunan berupa surat tanda kepemilikan tanah ataupun kendaraan.

Masalah yang dibahas pada tugas akhir ini yaitu mekanisme akad musyarakah dan mekanisme pelaksanaan penyelesaian akad musyarakah bagi nasabah yang mengalami gagal panen di PT. BPRS Artha Mas Abadi Pati dan penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui solusi yang diberikan lembaga bagi nasabahnya yang mengalami gagal panen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, dimana penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Data primer adalah data yang utama dalam penelitian ini, sedangkan data sekunder merupakan data pendamping data primer. Pengumpulan data untuk penelitian ini melalui wawancara, dokumen – dokumen, buku – buku maupun brosur.

Pembiayaan musyarakah yaitu pembiayaan yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih yang memberikan modalnya dalam suatu usaha, dimana presentasi keuntungan dan kerugian di tanggung bersama sesuai dengan modal yang diberikan oleh masing – masing pihak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persyaratan yang digunakan untuk melakukan akad musyarakah sudah sesuai dengan teori, yaitu berupa penerapan pada unsur pembiayaan, jenis pembiayaan yang digunakan merupakan pembiayaan jangka pendek dimana sering digunakan oleh para pedagang dan petani yang menggunakan jaminan. Untuk penerapan akad musyarakah terhadap produk Musyarakah sendiri lembaga ada yang sudah sesuai dengan syariah dan adapula yang mengganjal. Yang sesuai dengan syariah yaitu, penjelasan mengenai akad, mengenai ijab qabul (kontrak), biaya operasional, mitra yang melakukan akad dan obyek akad. Sedangkan yang tidak sesuai yaitu, digunakannya perpanjangan bagi nasabah yang mengalami gagal panen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gagal panen; Akad musyarakah; Pembiayaan; Usaha tambak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 11 Dec 2021 03:25
Last Modified: 31 Oct 2022 09:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14536

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics