Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning (PBL) pada materi ikatan kimia kelas X MA Miftahul Huda Tayu

Sa’diyah, Chamidatus (2021) Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning (PBL) pada materi ikatan kimia kelas X MA Miftahul Huda Tayu. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708076049_Chamidatus Sa’diyah_Lengkap] Text (Skripsi_1708076049_Chamidatus Sa’diyah_Lengkap)
Skripsi_1708076049_Chamidatus Sa'diyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasisi problem based learning yang mampu mempermudah peserta didik dalam memahami konsep kimia khususnya materi ikatan kimia. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D yang diadaptasi dari Thiagarajan, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Pada tahap Disseminate tidak dilakukan karena adanya keterbatasan waktu bagi peneliti. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MA Miftahul Huda Tayu.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis problem based learning ini cukup valid digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi dari ahli media diperoleh rata-rata sebesar 0,79 dengan tingkat validitas tinggi, sedangkan validasi ahli materi diperoleh rata-rata 0,89 dengan tingkat validitas sangat tinggi. Hasil tanggapan/respon dari guru kimia termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase rata-rata keseluruhan sebesar 82,5%. Sedangkan hasil angket tanggapan peserta didik menunjukkan persentase rata-rata sebesar 78,27% pada tiap aspek yang termasuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: LKPD; Problem based learning; Ikatan kimia
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 23 Dec 2021 01:38
Last Modified: 23 Dec 2021 01:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14537

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics