Strategi penyelesaian pembiayaan bermasalah pada pembiayaan mudharabah di KSPPS Tamzis Bina Utama Kantor Cabang Pasar Induk Wonosobo

Putri, Widiya Candra (2020) Strategi penyelesaian pembiayaan bermasalah pada pembiayaan mudharabah di KSPPS Tamzis Bina Utama Kantor Cabang Pasar Induk Wonosobo. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TUGAS_AKHIR_WIDIYA_CANDRA_PUTRI] Text (TUGAS_AKHIR_WIDIYA_CANDRA_PUTRI)
TUGAS_AKHIR_1705015007_WIDIYA_CANDRA_PUTRI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tentang pemicu majunya perkembangan ekonomi syariah di indonesia. Salah satunya dengan diririkanya suatu lembaga keuangan non bank salah satunya KSPPS TAMZIS. Dalam melakukan suatu kegiatan usaha oleh KSPPS TAMZIS dengan memberikan jasanya kepada masyarakat yang mayoritas pedagang pasar maka dikeluarkanya suatu produk simpadan serta pembiayan yang bertujuan untuk memajukan ekonomi masyarakat mikro. Dampak positif adanya KSPPS TAMZIS yaitu dapat memenuhi kebutuhan modal usaha masyarakat serta memberikan kemudahan dalam pelayanan pembiayaan.
Dalam penelitin ini banyak sekali pertanyaan mengenai cara dalam mengatasi suatu pembiayaan bermasalah serta strategi apa saja yang digunakan untuk mengatasi pembiayaan yang bermasalah . penelitian ini juga menggunakan suatu metode kualitatif yaitu metode yang saat dilakukanya penelitian dengan menghasilkan data deskriptif. Dengan melakukan Observai, Wawancara, serta Dokumentasi menjadi salah satu teknik yang digunakan dalampengumpulan data.
Berdasarkan hasil dari yangdiperoleh bahwa pembiayaan bermasalah pada penelitian di KSPPS Tamzis Bina Utama cabang Pasar Induk Wonosobo di lembaga ini faktor internal dan faktor eksternal menjai pemicu terjadinya pembiayaan bermasalah. Faktor internal disebabkan dari analisis yang kurang akurat serta masalah lembaga lainya. Faktor ekternal itu sendiri terjadi karena kesalahan anggota, gagalnya suatu usaha anggota, serta karakter anggota. Strategi di KSPPS Tamzis Bina Utama Wonosob untuk mengatsi pembiayaan mudharabah bermasalah yaitu dengan Memberikan surat tagihan, melakukan diskusi dengan anggoota, melakukan rescheduling, melakukan litigasi. Melaui tahap penyelamatan dengan musyawarah bersama anggota yang berpedoman pada nilai syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan mudharabah; pembiayaan bermasalah; KSPPS Tamzis; Bina Uama Wonosob
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 11 Dec 2021 03:46
Last Modified: 11 Dec 2021 03:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14541

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics