Aplikasi gerhana bulan metode Kitab al Durru al Aniq berbasis android

Jannah, Syikma Riyadlil (2021) Aplikasi gerhana bulan metode Kitab al Durru al Aniq berbasis android. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1702046100_SYIKMA RIYADLIL JANNAH_SKRIPSI LENGKAP] Text (1702046100_SYIKMA RIYADLIL JANNAH_SKRIPSI LENGKAP)
1702046100_Syikma R. Jannah_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kitab Al-Durru Al-Anῑq merupakan kitab dengan metode hisab tahkiki bi tadqiq yang di dalamnya membahas perhitungan awal bulan Hijriah, gerhana Matahari, dan gerhana Bulan. Kitab Al-Durru Al-Anῑq memiliki nilai keakurasian yang tinggi, dibuktikan dengan adanya berbagai penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya. Dengan keakurasian yang tinggi tersebut, terdapat beberapa peneliti yang mengimplementasikan perhitungan gerhana metode kitab Al-Durru Al-Anῑq ke dalam sebuah program yang berbasis windows. Berdasarkan hal tersebut dan dengan melihat maraknya pengguna Android di hampir seluruh kalangan, penulis berinisiasi mengimplementasikan gerhana Bulan metode kitab Al-Durru Al-Anῑq berbasis Android. Tujuan daripada penelitian ini adalah sebagai bentuk kontribusi untuk disiplin ilmu Falak berupa inovasi dan pengembangan produk guna membantu khalayak umum pengguna Android khususnya, untuk mengetahui data gerhana Bulan. Adapun rumusan masalah pada penelitian penulis ada dua, yakni bagaimana perancangan aplikasi gerhana Bulan metode kitab Al-Durru Al-Anῑq berbasis Android? Bagaimana hasil uji fungsional aplikasi gerhana Bulan metode kitab Al-Durru Al-Anῑq berbasis Android?
Metode yang diambil penulis dalam menyelesaikan penelitian ini adalah metode Research and Development dengan analisis deskriptif dan komparatif. Penulis membangun aplikasi menggunakan MIT App Inventor dengan bahasa pemrograman java. Adapun perhitungan gerhana Bulan, penulis menggunakan formula Microsoft Excel. Aplikasi yang dibangun penulis melalui beberapa tahapan, mulai dari perancangan, implementasi, hingga uji coba yang meliputi uji fungsional dan uji akurasi aplikasi Lunar Eclipse By Durrul Aniq.
Berdasarkan hasil implementasi aplikasi, penulis melakukan uji fungsional di beberapa tipe gawai dan versi Android. Hasil uji fungsional menunjukkan bahwa aplikasi dapat berjalan di masing-masing sampel Android. Namun aplikasi tersebut memiliki keterbatasan pengoperasian hanya dapat berjalan jika gawai terkoneksi internet. Selain itu, terdapat kekurangan pada salah satu menu (menu NASA) yang seharusnya pengguna akan menerima data berupa gambar. Aplikasi mengalami bug yang menjadikan gambar tidak terdeteksi pada tampilan aplikasi. Hal tersebut dikarenakan lemahnya koneksi internet. Selain itu, aplikasi tersebut tidak dirancang untuk gawai dengan mode gelap. Hal tersebut menjadikan tampilan antarmuka terlihat buruk meski data gerhana dapat muncul pada layar jika dijalankan pada gawai mode gelap.
Adapun uji akurasi perhitungan gerhana Bulan, penulis melakukan pengujian akurasi terhadap hasil perhitungan NASA. Berdasarkan pengujian akurasi yang telah dilakukan penulis, menunjukkan kesimpulan bahwa nilai magnitudo, baik umbra ataupun penumbra, hanya terdapat selisih kurang dari 1 nilai magnitudo. Adapun delta T memiliki selisih tidak lebih dari satu detik. Sedangkan waktu gerhana, baik gerhana Bulan total, gerhana Bulan parsial, dan gerhana Bulan penumbra, terdapat selisih 0 hingga 2 menit

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Gerhana Bulan; Al-Durru Al-Anῑq; Android
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 11 Dec 2021 03:43
Last Modified: 11 Dec 2021 03:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14542

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics