Pengembangan E-marketplace umroh.com dalam penyelenggaraan umroh: perspektif manajemen strategi

Ramadhan, Yusril (2021) Pengembangan E-marketplace umroh.com dalam penyelenggaraan umroh: perspektif manajemen strategi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701056014_YUSRIL_RAMADHAN] Text (SKRIPSI_1701056014_YUSRIL_RAMADHAN)
1701056014_Yusril Ramadhan_Full Skripsi-dikonversi - Yusril Ramadhan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengembangan E-Marketplace Umroh.com Dalam Penyelenggaraan Umroh Perspektif Manajemen Strategi dilatarbelakangi trend meningkatnya jumlah jamaah umroh Indonesia dari tahun ke tahun. Pada tahun 2018 jumlah jamaah umroh Indonesia mencapai angka 1.5 juta (Kompas.com) sehingga dengan tingginya lonjakan minat masyarakat muslim Indonesia dalam melaksanakan umroh, mendorong para instansi penyelenggara umroh untuk memberikan inovasi dan pengembangan pelayanan demi terciptanya penyelenggaraan umroh yang aman dan nyaman. Dalam hal ini, Umroh.com hadir sebagai E-Marketplace Umroh yang menyediakan pilihan paket umroh secara mudah dari travel umroh resmi yang dapat dipesan melalui aplikasi Umroh.com dengan aplikasi yang dapat diunduh di playstore maupun appstore dan travel umroh yang sudah bermitra dengan Umroh.com. Berbagai tawaran fitur menarik nampaknya menjadikan Umroh.com sebagai satu-satunya e-market yang memiliki inovasi pengembangan pengelenggaraan haji dan umrah yang sangat dinamis dan efektif. Sehingga umrah.com diduga mampu menjadi platform umroh digital terbesar yang dapat membantu kebutuhan jamaah umroh dari mulai pemberangkatan sampai perpulangan.
Kajian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis pengembangan penyelenggaraan umroh pada E-Marketplace Umroh.Com perspektif manajemen strategik. Kedua mendeskripsikan dan menganalisis strategi yang dibutuhkan dalam mengembangkan produk digital umroh.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan sifat deskriptif, melalui kajian lapangan (field research). Guna mendapatkan pemahaman yang sesuai dengan tujuan penelitian penulis menggunakan pendekatan manajemen strategik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokmentasi. Setelah data terkumpul penulis analisis menggunakan teknik analisa model Milles dan Huberman elaui empat tahap analisis yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi atau keabsahan data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa pertama E-Marketplace Umroh.com terbukti telah mengembangkan penyelenggaraan umrah menggunakan teori baruan public relations, yaitu Publications, Event, News, Community Involvement, Inform or Image, Lobbying, Social Responsibility (P.E.N.C.I.L.S) dalam meningkatkan kesadaran merek agar masyarakat dapat mengetahui dan menggunakan aplikasi Umroh.com. Kedua, Pengembangan Penyelenggaraan Umroh pada E-Marketplace Umroh.com Perspektif Manajamen Strategi dalam terletak pada tahapan-tahapan strategi yang dilakukan Umroh.com. Tahapan startegi tersebut memuat 3 (tiga) tahapan yakni tahapan formulasi, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap formulasi Umroh.com menetapkan visi dan misi, mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan acaman yang dimiliki serta menyusun dan memilih strategi untuk perkembangan Umroh. Com. Pada tahap implementasi, Umroh.com menjalan strategi yang dipilihnya yakni strategi yang relevan dengan teori bauran public relation yaitu P.E.N.C.I.L.S, dalam hal ini Umroh.com melakukan publisistas, membuat kegiatan,membuat berita,membangun kerja sama dan menjaga hubungan baik dengan kelompok masyarakat/travel umroh yang telah bermitra,menampilkan citra positif,melakukan lobi dan negosisasi dengan pemerintah,travel umroh,perusahaan lain dan masyarakat dan melakukan tanggung jawab sosial kepada masyarakat dengan cara memberikan kemanan dan kenyamanan. Pada tahap evaluasi, E-Marketplace Umroh.com melakukan pengecekan terkait program yang sudah berjalan dan strategi yang telah diterapkan, biasanya pada tahap ini seluruh anggota perusahaan mengadakan rapat evaluasi untuk membahas kinerja dan program yang telah dilakukan. Temuan penelitian ini selanjutnya dapat digunakan sebagai pengembangan keilmuan Prodi Manajemen Haji dan Umrah dalam menentukan strategi pengembangan produk digital di era industri 4.0 dan bagi para instansi penyelenggara umroh serta pemerintah pun dapat mengadopsi dan menemukan model baru dalam pengembangan penyelenggaran umrah berbasis IT di Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Umroh; E-Marketplace; Manajemen strategi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 20 Dec 2021 01:29
Last Modified: 20 Dec 2021 01:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14543

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics