Analisis metode hisab awal bulan kamariah dalam kitab Risālah al-Zain

Prastyorini, Niken (2021) Analisis metode hisab awal bulan kamariah dalam kitab Risālah al-Zain. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1702046101_NIKEN PRASTYORINI_SKRIPSI LENGKAP] Text (1702046101_NIKEN PRASTYORINI_SKRIPSI LENGKAP)
1702046101_Niken Prastyorini_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas metode hisab awal bulan Kamariah dalam kitab Risālah al-Zain karya Ibnu Ya’qub al-Batawi. Penulis tertarik untuk mengkajinya karena penentuan awal bulan Kamariah selalu memiliki problematika. Problem ini terjadi karena adanya dua sistem dalam penentuan awal bulan Kamariah, yaitu sistem hisab dan sistem rukyat. Salah satu metode hisab penentuan awal bulan Kamariah yaitu yang terdapat dalam kitab Risālah al-Zain karya Ibnu Ya’qub al-Batawi. Kitab ini secara langsung mencantumkan rumus-rumus yang digunakan dalam program excel. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana metode hisab awal bulan Kamariah dalam Risālah al-Zain dan bagaimana akurasinya.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif menggunakan library research (penelitian kepustakaan), dengan sumber data primer kitab Risālah al-Zain dan hasil wawancara kepada pengarang kitab. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode content analysis (analisis isi) dengan teknik deskriptif. Untuk mengetahui akurasi metode hisab awal bulan dalam Risālah al-Zain, penulis mengomparasikan hasil perhitungan metode Risālah al-Zain dengan metode Ephemeris Hisab Rukyat sebagai metode yang dianggap akurat saat ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penentuan awal bulan Kamariah dalam kitab Risālah al-Zain merupakan metode hisab kontemporer yang dibuktikan dengan adanya rumus-rumus, data astronomis yang digunakan sudah mengacu pada pergerakan Matahari, Bulan, dan Bumi yang sesungguhnya serta proses hisab kontemporer yang sudah dibahasakan ke dalam program excel. (2) Hasil perhitungan dari Risālah al-Zain menunjukkan hasil akurat. Hal ini bisa diihat ketika metode Risālah al-Zain dibandingkan dengan Ephemeris, keduanya tidak memiliki selisih yang signifikan. Selisihnya hanya berkisar pada hitungan menit atau menit saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Awal Bulan Kamariah; Hisab Kontemporer; Kitab Risālah al-Zain; Akurat.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 11 Dec 2021 04:01
Last Modified: 11 Dec 2021 04:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14546

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics