Pembiayaan peternakan ayam dalam akad mudharabah di BPRS Asad Alif Semarang

Sari, Heni Ratih Tri Indah (2020) Pembiayaan peternakan ayam dalam akad mudharabah di BPRS Asad Alif Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TUGAS_AKHIR_1705015018_HENI_RATIH_TRI_INDAH_SARI] Text (TUGAS_AKHIR_1705015018_HENI_RATIH_TRI_INDAH_SARI)
TUGAS_AKHIR_1705015018_HENI_RATIH_TRI_INDAH_SARI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan bagi hasil peternakan ayam dengan cara menerapkan akad mudharabah dan mekanisme pembiayaan peternakan dalam akad mudharabah dengan pemeliharaan praktik bagi hasil peternakan ayam apakah sudah memenuhi prinsip syari’ah.
Dalam metode ini yang digunakan di Dsn.Ngadipurwo 004/004 purwogondo adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa dalam penerapan sebuah akad yang bagi hasilnya disetujui kedua pihak pada kontrak awal dan sebuah perniagaan ayam dilakukan saat ayam sudah mencapai umur atau ukuran yang ditentukan untuk dijual hal bersamaan dengan berakhirnya kontrak kerjasama dalam bagi hasil ayam menggunakan system mudharabah yang dinilai dari rukun, prinsip, dan syarat apakah sudah sesuai dengan syarat yang berupa adanya pemodal dan pengelola yang dilakukan kerjasama. Kemudian nasabah melakukan sebuah perjanjian yang dilandasi saling percaya. Didalam sebuah akad mudharabah masih menggunakan berupa secara lisan bukan tertulis dan modal yang diberikan oleh shahibul maal berupa ayam tidak secara tunai maka penulis menyarankan sebaiknya nasabah juga membuat perjanjian tertulis untuk menghindari resiko jika ada perselisihan antara kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan; Mudharabah; Deskriptif; Peternakan.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 11 Dec 2021 04:22
Last Modified: 13 Dec 2021 10:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14552

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics